BERITA

Asah Bakat dan Kreativitas Mahasiswa Melalui “Lomba Vlog” UNIKOM

Sabtu, 12 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Perpustakaan Unikom mengumumkan para pemenang “Lomba Vlog” dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan Perpustakaan Unikom ke-17 tahun pada 8 Agustus 2017. Proses pengumuman yang dilaksanakan pada Selasa (8/8) pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Perpustakaan Lantai 8 Smart Building Unikom, turut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan, Ubudiyah Setiawati, S.Sos., Humas Perpustakaan, Novi Syania Awalliah, S.Pd, serta para peserta lomba yang telah mengirimkan video blognya pada 5 Agustus 2017 lalu.

Ubudiyah menuturkan, lomba vlog kali pertama yang digagas Perpustakaan Unikom adalah bentuk persembahan sederhana bagi HUT Unikom dan Perpustakaan, serta melihat sejauhmana kreativitas mahasiswa dalam memanfaatkan berbagai fasilitas di Perpustakaan Unikom. “Ini langkah awal sederhana kami untuk mengajak mahasiswa Unikom mengeksplor perpustakaan. Walaupun fungsi utamanya sebagai area membaca dan mencari referensi, tetapi dengan segala fasilitas yang ada, perpustakaan bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan positif lainnya dan menggali bakat mahasiswa,” ujar Ubudiyah dalam sambutan pembukanya.

Seperti dilansir dari Daily News Unikom Edisi 208/UDN/HUMAS-UNIKOM/VIII/2017 yang terbit pada 3 Agustus lalu, pembuatan vlog kali ini difokuskan di area Perpustakaan Unikom, yang berisi perkenalan data diri peserta lomba, ucapan ulang tahun, serta doa dan harapan bagi Unikom dan Perpustakaan Unikom. Selain memperingati HUT Unikom dan Perpustakaan Unikom, lomba vlog pun dimaknai sebagai ajang promosi kampus agar Unikom semakin dikenal oleh khalayak luas.

Setelah dilakukan serangkaian proses penilaian, maka terpilihlah 3 pemenang vlog terbaik, diantaranya: Juara I Taufik Hidayat; Juara 2 Hadi Kurnia, dan Juara 3 Tb. Prasetyo A. Menurut Novi, sebagai pihak yang terlibat dalam proses penilaian bahwa penentuan vlog terbaik didasarkan pada beberapa kriteria, antara lain: 1) Kesesuaian durasi video (maksimal 90 detik); 2) Kualitas Suara; 3) Teks dalam vlog; 4)  Ucapan ulang tahun; 5) Lokasi pengambilan vlog; dan 6) Kreativitas.

Atas nama Perpustakaan Unikom, Ubudiyah pun mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba vlog tahun 2017, semoga bisa menginspirasi mahasiswa lainnya untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas dalam berkarya. “Kami mengapresiasi antusiasme mahasiswa yang telah mengirimkan video blognya. Bagi mahasiswa yang kali ini belum menjadi pemenang, semoga tidak patah semangat untuk selalu berkarya lebih baik lagi dan memanfaatkan fasilitas Unikom khususnya perpustakaan,” tambah Ubudiyah.

Pelaksanaan lomba kali ini pun menjadi salah satu bahan evaluasi bagi Peprustakaan Unikom dalam merencanakan kegiatan positif selanjutnya, didasarkan pada kebiasaan mahasiswa ‘kekinian’ sesuai perkembangan zaman, yang tentunya bermanfaat bagi Unikom secara umum dan mahasiswa yang bersangkutan secara khusus. Hasil vlog mahasiswa bisa dilihat di channel Youtube “Perpustakaan Unikom”. (Direktorat Hms & Pro)

 

Program Magang ‘Team Produksi Broadcast Asian Games 2018’ bagi Mahasiswa UNIKOM
Rabu, 18 Oktober 2017
Kunjungan SMK Paramarta 2 Lampung ke UNIKOM
Selasa, 17 Oktober 2017
Pengenalan Civitas Akademika Fisip Unikom
Senin, 16 Oktober 2017