Berita

Aplikasi Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas Melalui Kegiatan Pengabdian di SDN 127 Sekeloa: “Pengembangan Literasi dan Karakter Pada Anak Pendidikan Dasar di Era Digital”

BANDUNG, UNIKOM – Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas merupakan salah satu mata kuliah pilihan di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM, yang tentunya sangat diperlukan bagi mahasiswa di dalam mempelajari dan memahami bagaimana peran Humas di dalam membantu suatu institusi untuk menjaga nama baik dan reputasinya. Terlebih di saat terjadi krisis, diperlukan strategi komunikasi yang tepat guna mempertahankan atau mengembalikan reputasi institusi di mata publik.

Sebagai perwujudan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sejumlah mahasiswa semester VII Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM melaksanakan kegiatan proyek aplikasi Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas berkolaborasi dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 127 Sekeloa, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk “Pengembangan Literasi dan Karakter pada Anak Pendidikan Dasar di Era Digital”, pada hari Sabtu, 3 Februari 2024.

Ganni Achmad Zulfikar, selaku Ketua Pelaksana melaporkan kegiatan PKM yang dikemas dalam acara seminar edukatif tersebut, bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi siswa siswa SDN 127 Sekeloa, agar dapat memanfaatkan teknologi digital dengan semestinya. Pada kesempatan tersebut, ia pun tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan PKM tersebut. “Semoga melalui kegiatan PKM ini, adik-adik mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk menggapai masa depan”, harap Ganni.

Humas SDN 127 Sekeloa, Yayah Rokayah, S.Pd. mewakili Kepala Sekolah SDN 127 Sekeloa, Sobariah L. Fadilah, S.Pd. yang berhalangan hadir, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya atas kerjasama dengan UNIKOM dalam memberikan tambahan pengetahuan bagi siswa-siswinya. Ia mengungkapkan, materi yang diangkat dalam seminar edukatif tersebut sejalan dengan kurikulum yang digunakan di SDN 127 Sekeloa, yaitu Kurikulum Merdeka. Dimana dalam hal ini, literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis saja, tetapi juga berperan dalam pembentukan karakter anak-anak. Ia berharap, kegiatan PKM tersebut dapat membuka wawasan dan memberikan dampak positif bagi siswa siswi di dalam mengikuti perkembangan teknologi dewasa ini.

Kegiatan Seminar Edukatif Proyek Aplikasi Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas di SDN 127 Sekeloa,  dibuka secara resmi oleh Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, M.Si., CICS., yang juga Dosen Pengampu Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM. Dalam sambutannya, atas nama Program Studi Ilmu Komunikasi, Dr. Desayu menyatakan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah menyambut baik mahasiswa UNIKOM untuk dapat berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut adalah proyek aplikasi Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas yang dilaksanakan mahasiswa dan mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi yang memiliki peminatan pada bidang Humas atau PR. Lebih jauh ia menyampaikan, salah satu solusi untuk mengantisipasi terjadinya krisis pada masyarakat adalah dengan melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar. Dalam proyek aplikasi mata kuliah tersebut, mahasiswa mempraktekkan seakan-akan mereka sebagai humas yang melakukan interaksi dengan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Dr. Desayu juga mengenalkan berbagai inovasi hasil karya UNIKOM dalam bidang pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh siswa dan guru di Sekolah Dasar. Pada akhir sambutannya, Dr. Desayu berpesan kepada para mahasiswa dan mahasiswi, proyek akhir tersebut sebenarnya tidak hanya sekedar merupakan praktek kerja, tetapi ada beberapa poin nilai yang bisa didapatkan mahasiswa, antara lain, belajar melatih diri bagaimana menjalin komunikasi dan interaksi pada saat melakukan lobbying, melatih diri dalam bekerja secara team work, memiliki nilai manfaat praktek dalam berbicara di depan sisa siswi, memiliki nilai manfaat lainnya yaitu bermanfaat bagi dosen dan para guru untuk dapat berkolaborasi dengan pihak eksternal dalam sebuah pengabdian. Selain itu, kegiatan PKM tersebut menjadi bukti bagi prodi sudah melakukan program MBKM. Karena pada kegiatan tersebut mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tapi menjadi paham bagaimana melakukan proyek secara konkrit. “Semoga apa yang sudah dikeluarkan, baik pikiran, tenaga, waktu, maupun biaya yang dikeluarkan akan dibalas Tuhan dengan lebih banyak lagi. Insya Allah...”, demikian pungkasnya.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan secara interaktif oleh Ari Firmansyah, S.I.Kom., selaku narasumber. Turut hadir pada kegiatan PKM tersebut, Team Teaching MK Krisis dan Strategi PR, Dr. Ir. Yuni Mogot, M.Si., CPR., serta dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Yasundari S.I.Kom., M.I.Kom., beserta mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Semester 7 (tujuh), antara lain, Alga Nugraha, Panji Trihandi A., Yanuar Rasyid Septama, Ganni Achmad Zulfikar, Muhammad Nur Fauzan Rosyid, Maulana Rizza, Adisty Septiani, Arya Alfadila, Novi Anjani Febriyani, Adimas Saddam Abubakar, Sarah Sadilla Lysandra, Haryanti Nufus Salsabila, Nurul Amalia Sofyan, Jaharudin Shadam Ardiansyah, Muhammad Afghani Rajbian, dan Fauzand Abbas Assegaf. (Direktorat Hms & Pro).