Berita

504 dari 1.103 Wisudawan/ti pada Proses Wisuda UNIKOM ke-40 Dilantik oleh Rektor UNIKOM dengan Predikat Kelulusan Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude

BANDUNG, UNIKOM – Sejumlah 1.103 wisudawan/ti mengikuti Upacara Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Semester Genap Tahun Akademik 2022 – 2023, yang digelar pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 9-10 Desember 2023.

Bertempat di Convention Hall Hotel Harris Citylink Bandung, Perhelatan Wisuda UNIKOM hari pertama menjadi istimewa dengan hadirnya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Prof. Dr. H. Moh. Mahfud MD., yang menyampaikan orasi ilmiah terkait Indonesia Emas.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS. selaku Penanggungjawab sekaligus Ketua Pelaksana Sidang Terbuka Senat UNIKOM dalam rangka Pelantikan Wisudawan/ti Semester Genap TA 2022-2023, melaporkan terdapat 1.103 wisudawan/ti yang dilantik pada perhelatan Wisuda UNIKOM ke-40 tersebut. Sejumlah 552 wisudawan/ti dilantik melalui Sidang Terbuka Senat pada hari Sabtu, 9 Desember 2023, yang terdiri atas 18 wisudawan berpredikat Summa Cumlaude, 39 Magna Cumlaude, 207 Cumlaude, dan 287 Sangat Memuaskan dan Memuaskan. Sedangkan 551 wisudawan/ti lainnya dilantik di hari ke 2 wisuda, Minggu, 10 Desember 2023, dengan rincian, 13 wisudawan berpredikat Summa Cumlaude, 36 Magna Cumlaude, 191 Cumlaude, serta 599 Sangat Memuaskan dan Memuaskan. Pada kesempatan tersebut, Dr. Desayu tidak lupa menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Rektor UNIKOM atas segala support dan dukungan yang tiada henti, juga kepada Manajemen Hotel Harris Citylink, Direktorat Humas dan Protokoler, Direktorat AP2SC, PT. Unikom Kreasi Media, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Protokoler Mahasiswa, Paduan Suara Mahasiswa, dan Sadaya UNIKOM, serta semua pihak yang telah turut membantu terselenggaranya acara Wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma Semester Genap Tahun Akademik 20233 - 2023.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto M.T., pada pidato pelepasan wisudawan/ti UNIKOM, menuturkan,  momen wisuda selain menjadi hari yang bersejarah untuk menghormati pencapaian para mahasiswa, juga merupakan selebrasi yang ditujukan bagi keluarga dan orang-orang tercinta. Berkat ketekunan, keuletan, kerja keras dan dukungan keluarga, akhirnya para masasiswa menerima hasil dari perjuangan selama mengikuti pendidikan, yaitu diwisuda sebagai Magister, Sarjana, dan Ahli Madya.

Lebih jauh Prof. Eddy menyampaikan pada Wisuda UNIKO ke-40 tersebut, sejumlah 1.103 wisudawan/ti diwisuda, yang terdiri atas 22 wisudawan Program Pascasarjana, 1.034 wisudawan Program Sarjana, dan 47 wisudawan Program Diloma-III. Pada Fakultas Pascasarjana, sebanyak 22 wisudawan lulus Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude. Sementara pada FTIK, 418 wisudawan S1 dan 22 Wisudawan D-III lulus Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude. Sebanyak 235 wisudawan S1 dan 12 Wisudawan D-III pada FEB lulus Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude. Untuk FISIP, sebanyak 211 wisudawan S1 lulus Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude. Sebanyak 114 wisudawan S1 dan 13 wisudawan D-III dari FD, lulus Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Culaude. Sementara FH telah meluluskan 15 wisudawan S1 dengan predikat Magna Cumlaude dan Cumlaude. Sebanyak 40 wisudawan S1 dari FIB lulus Summa Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude. Dengan demikian, dari 1103 wisudawan wisudawati, sebanyak 503 orang atau 45,6% wisudawan wisudawati lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 3,75 untuk S2, dan Ideks Prestasi Kumulatif (IPK) > 3,5 untuk S1 dan D-III.

IPK tertinggi untuk program Strata-2 diraih oleh Mutiara Azkiyatunnuril Huda dari Program Studi Magister Desain dengan IPK 4,00 Summa Cumlaude. Sementara IPK tertinggi untuk FH (S1) diraih oleh Arum Khoirunnisa dengan IPK 3,85 Magna Cumlaude. IPK tertinggi untuk FIB (S1) diraih Risa Rachmadani dengan IPK 3,92 Summa Cumlaude. IPK tertinggi FD (S1) diraih oleh Syahgiel Aunal Malik Cahyadi dengan IPK 3,93 Summa Cumlaude. IPK tertinggi FIB diraih Gusnerlisa Gita Merdikawati dengan IPK 3,97 Summa Cumlaude. IPK tertinggi untuk FISIP diraih Nafisa Nurfatin Syarif dengan IPK 3,99 Summa Cumlaude. IPK tertinggi FTIK diraih Muhammad Agy Nurwicaksono dengan IPK 3,99 Summa Cumlaude. Sementara IPK tertinggi Program Diploma-III diraih Farid Al Qadry dengan IPK 3,96 Summa Culaude.

Pada penutup pidatonya, Prof. Eddy menegaskan bahwa, “Real success is determined by two factors. Fisrt is faith, and sedond is action”, (Kesuksesan sejati ditentukan oleh dua faktor. Pertama adalah keyakinan, dan kedua adalah tindakan). Ia berpesan, “Jadilah saudara sebagai wisudawan/ti dengan pribadi yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial, dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia”, demikian pungkasnya. (Direktorat Hms & Pro).