BERITA

Wisuda Unikom Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017

Selasa, 03 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 1.287 lulusan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) jenjang Magister (S2), Sarjana (S1), dan Diploma III (D3) resmi dilantik dalam prosesi Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017. Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto mengatakan berdasarkan Badan Pusat Statistik, saat ini industri teknologi informasi dan komunikasi menyerap tenaga kerja sekitar 29,10 persen dengan mayoritas perusahaan di bidang internet, keamanan jaringan, pengembangan software dan aplikasi, telekomunikasi, konsultasi IT hingga perusahaan rintisan (startup) digital.

“…dengan ketersediaan lapangan kerja di bidang IT yang cukup besar maka sebagai lulusan Unikom yang berbasis IT sudah sepatutnya memiliki semangat dan rasa optimisme tinggi untuk bisa berkarya di masyarakat,” ujar Rektor dalam pidato pelepasan wisuda di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Selain bidang IT, industri kreatif adalah salah satu sektor yang memberikan kontribusi cukup tinggi bagi perekonomian nasional. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Berkaf) telah menetapkan 16 subsektor yang didukung dalam industri kreatif, di antaranya yaitu aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, serta televisi dan radio.

Tak hanya itu, Kementerian Ketenagakerjaan pun telah meluncurkan aplikasi online informasi pendataan kesempatan kerja yang dinamakan Sistem Informasi 10 Juta Kesempatan Kerja. Sistem Informasi 10 Juta Kesempatan Kerja ini melibatkan 34 Kementerian, 34 Lembaga pemeritnah Non Kementerian (LPNK), 121 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), 15 pengelola kawasan industri, Kadin, Apindo, JICA, ILO dan jajaran internal Kemenaker, untuk berkordinasi dengan seluruh pihak agar dapat bersama-sama mendata kesempatan kerja yang tersedia saat ini. Prioritas nasional dan komitmen 10 juta Kesempatan kerja di tahun 2019 diharapkan dapat tercapai dan semua data penciptaan lapangan kerja dapat termonitor, terukur dan tercatat dengan baik.

Mengenai pelaksanaan wisuda semester genap Unikom, kali ini digelar selama dua hari pada Sabtu (30/9) dan Minggu (1/10) dengan jumlah wisudawan/ti pascasarjana sebanyak 49 orang, sarjana 1.192 orang, dan 46 orang program Diploma-III. Dari total keseluruhan, 347 diantaranya atau 26,96 persen wisudawan/ti lulus mengantongi predikat Cum Laude atau Lulus Terpuji dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  ≥ 3.75 untuk S2 & IPK  ≥ 3.5 untuk S1 & D3, yakni : 1) 11 orang Cum Laude S2, 2) 316 orang Cum Laude S1; dan 3) 20 orang Cum Laude D3. Adapun IPK tertinggi untuk program S2 diraih oleh Yodha Iskandarsyah, M.Kom (IPK 3.83) dari Program Studi Magister Sistem Informasi, Ida Yulia Sumartini, S.E (IPK 4.00) dari Program Studi Manajemen untuk program S1, dan program D3 diraih oleh Rikawati Dewi, S.E (IPK 3.93) dari Program Studi Akuntansi.

Menurut Rektor Unikom, momentum wisuda dianggap sebagai awal kesuksesan para lulusannya untuk segera ditindaklanjuti melalui usaha dan perjuangan yang lebih keras guna meraih sukses selanjutnya, yakni memperoleh pekerjaan di instansi pemerintah maupun swasta, membuka lapangan kerja baru atau kembali memperdalam ilmunya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Melalui berbagai pengetahuan, pengalaman, dan prestasi yang dimiliki para lulusan Unikom, diharapkan dapat menjadi bekal dan modal mereka untuk menghadapi kehidupan bermasyarakat.

Pelaksanaan wisuda yang berlangsung khidmat, turut dianugerahi kelancaran dan kesuksesan dari awal hingga akhir acara. Sehingga seluruh wisudawan/ti, orang tua, tamu undangan, dan segenap Civitas Akademika Unikom yang menghadiri acara tersebut dapat larut dalam keharuan prosesi pelantikan wisuda. Tentunya kelancaran acara salah satunya berkat kerjasama yang baik antara Jajaran Pimpinan Unikom dan Tim Protokoler Dosen dan Karyawan Unikom dengan berbagai pihak yang terlibat seperti Organisasi Kemahasiswaan Unikom, Publik Internal dan Publik Eksternal Unikom.

Bila di perguruan tinggi lain ijazah dan transkrip nilai akan diberikan beberapa bulan setelah wisuda, Unikom justru langsung memberikan ijazah dan transkrip nilai saat pelaksanaan wisuda. Menurut Rektor Unikom, hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari budaya organisasi PIQIE (Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent) yang diterapkan di Unikom sebagai landasan kerja menuju The Wolrd Class University. Unikom pun turut menampilkan Robot Icon-nya kepada seluruh Civitas Akademika Unikom yang sebelumnya telah diperkenalkan kali pertama pada prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2017/2018.

Lahirnya 1.287 lulusan Unikom ditengah masyarakat diharapkan dapat menjadi pribadi yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai IPTEK, berjiwa sosial dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia. Selamat menempuh hidup bermasyarakat, selamat berjuang, selamat bekerja dan selamat berprestasi. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

 

Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan IT: PT. Webgis Indonesia
Rabu, 17 Juli 2019