BERITA

Webometrics Menempatkan Unikom pada Posisi 39 Peguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Selasa, 08 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Berdasarkan data yang dirilis Webometrics pada Juli 2017, Univeritas Komputer Indonesia (Unikom) masuk ke dalam 50 Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia. Unikom menempati peringkat ke-39 dari 2194 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang terdaftar dalam Repository Webometrics. Dilansir dari Portal Berita Unikom (berita.unikom.ac.id), pemeringkatan ini bertujuan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen perguruan tinggi atau institusi untuk berbagi dan mempublikasikan pengetahuan dan karya-karya ilmiah yang telah dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut ke seluruh dunia secara terbuka (fulltext open access). Hal penting lainnya yaitu sistem ini pun mengukur seberapa besar manfaat (impact) yang didapat dari hasil penelitian perguruan tinggi tersebut di mata masyarakat dunia.

Pemeringkatan oleh Webometrics yang diterbitkan dua kali dalam setahun, mencakup lebih dari 27.000 institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia, didasarkan pada beberapa indikator penilaian dengan masing-masing bobot yang berbeda, antara lain:

  1. Presence, adalah jumlah halaman dari domain web utama institusi. Ini mencakup semua subdomain yang tertangkap oleh mesin pencari (Google) dan semua jenis file, dengan bobot 5%;
  2. Visibility, merupakan jumlah external inlinks yang berasal dari backlink yang diterima oleh domain web universitas dan terindeks di Majestic SEO. Visibility ini menyiratkan besarnya impact terhadap sebuah website/repository dengan bobot 50%;
  3. Transparency (or Opennes), yaitu jumlah kutipan dari penulis terbanyak menurut sumbernya berdasarkan Google Scholar Citations, dengan bobot 10%; dan
  4. Excellence (or Scholar), adalah jumlah makalah atau artikel diantara 10% tertinggi yang paling banyak dikutip dalam 26 disiplin ilmu. Data untuk periode lima tahun (2011-2015) dengan bobot 35%.

Menurut Direktur ICT dan Multimedia Unikom, Taryana Suryana, S.T., M.Kom, pemeringkatan Webometrcis ini didasarkan pada hasil tulisan yang dipublikasikan oleh Civitas Akademika Unikom, dimana hampir setiap tahunnya Unikom berada di posisi 40 besar dari ribuan perguruan tinggi di Indonesia. “…semakin banyak para dosen dan mahasiswa menghasilkan tulisan, jurnal atau artikel lalu mempublikasikannya di internet, maka akan membantu pemeringkatan Unikom dalam Webometrics. Terlebih jika tulisan kita dinilai popular dan dikutip oleh orang lain (impact), maka akan memberikan poin cukup besar pada saat proses penilaian,” jelas Taryana.

Beliau pun menambahkan, Unikom sangat bisa meningkatkan ranking dalam Webometrics, dengan catatan seluruh Civitas Akademika Unikom baik pimpinan, dosen, maupun mahasiswa, semakin banyak menghasilkan tulisan yang dipublikasikan di internet melalui Jurnal Unikom, Perpustakaan Unikom ataupun Repository Unikom. “…server Repository Unikom menghimpun seluruh data terkait tulisan, jurnal, dan tugas lainnya yang dibuat oleh Civitas Akadmeika Unikom, seperti skripsi, jurnal, dan sebagainya. Sehingga server ini akan lebih memudahkan dalam proses pencarian informasi dan data tulisan yang dihasilkan Unikom,” tambah Taryana.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unikom, Dr. Ir. H Eddy Soeryanto Soegoto, menuturkan, peringkat ini menunjukkan bahwa Unikom masuk dalam 50 PT terbaik di Indonesia dari ± 4500 PT yang ada. “Merupakan kebanggaan tapi juga tantangan untuk menjadi lebih baik lagi. Kita akan terus melakukan continous improvement untuk menuju World Class University,” pungkas Rektor. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

Semarak IF Festival 2.0, Dari Bazzar Hingga Seminar Nasional
Kamis, 19 Juli 2018
“Trust Me, PR Works”: Menilik Peran Vital Profesi Public Relations
Rabu, 18 Juli 2018
Ujian Saringan Masuk (USM) Unikom Tahun Akademik 2018/2019 Masuki Gelombang Ke-2
Selasa, 17 Juli 2018

Agustus 2018