BERITA

Wakili Indonesia, Divisi Animasi UNIKOM Raih Penghargaan di Taiwan

Senin, 28 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Menyandang gelar Juara 2 pada ajang “Asiagraph Reallusion Student Award 2017 Indonesia Local Round” yang digelar di Jakarta bulan Mei 2017 lalu, Tim Divisi Animasi Unikom melalui karya film animasi berjudul “The Mannequeens”, berhasil mewakili Indonesia untuk melanjutkan kompetisi serupa di tingkat Asia (asia round) yang diadakan di  Taiwan National University of Arts, Taiwan. Pada babak tersebut, tim dari Unikom yang beranggotakan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), yakni Dinda Herdiyawan, Muhammad Sirojuddin, dan Januar Primasti, bertanding melawan 19 tim dari 6 negara di Asia, yaitu Malaysia, Taiwan, China, Thailand, Jepang, termasuk Indonesia.

Menurut Robby UL Pratama selaku Ketua Divisi Animasi Unikom mengaku bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan Prodi DKV Unikom untuk melakukan sejumlah persiapan dalam menghadapi para pesaing di tingkat Asia. “Persiapan kami yaitu melakukan pelatihan rutin di Studio Animasi Unikom untuk mempersiapkan konten, cerita, dan memperbaiki skill penggunaan software, sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal,” tuturnya.

Unikom bersama Universitas Surya Jakarta yang juga mewakili Indonesia, mengikuti serangkaian kompetisi sejak 21-25 Agustus 2017. Selama 48 jam, para peserta diberi kesempatan untuk menciptakan karya film animasi terbaik guna memperebutkan beberapa kategori, diantaranya: 1) Best Film; 2) Best Creative; 3) Best Director; dan 4) Outstanding Works. Dari keempat kategori tersebut, Tim Divisi Animasi Unikom berhasil meraih penghargaan untuk kategori Outstanding Works dan mendapatkan beasiswa dari Shanghai Vancouver Film School serta karyanya akan ditampilkan selama tiga hari di Pameran Asiagraph di Jepang.

Seperti dilansir Daily News Unikom Edisi 154/UDN/HUMAS-UNIKOM/V/2017 yang terbit pada (17/5), Asiagraph Reallusion Student Award 2017 merupakan lomba cipta film animasi tingkat Asia dengan menggunakan software i-clone, yang diadakan oleh salah satu pengembang software bernama Reallusion yang bermarkas di Silicon Valley, San Francisco. Kompetisi tersebut digelar secara bertahap, dimana setiap negara peserta mengadakan seleksi tingkat local round untuk memilih dua tim terbaik yang akan mewakili negaranya dan dipertemukan pada babak final di asia round.

Berbagai dukungan pun diterima oleh Tim Divisi Animasi Unikom, salah satunya dari Ketua Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Bapak Triawan Munaf. Melalui akun instagramnya, beliau menuliskan caption dukungan pada salah satu foto yang menampilkan Tim Divisi Animasi dari Indonesia. “Selamat berkompetisi kepada tim Universitas Surya dan Universitas Komputer Indonesia yang mewakili Indonesian bright minds di lomba kompetisi ANIMASI 'Asiagraph' di Taiwan! Mereka akan berkompetisi menghadapi 19 tim mahasiswa dari negara-negara APAC (China, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand). Terima kasih kepada PT Tekno Logika Utama, perwakilan Reallusion di Indonesia,” tulis Triawan dalam akun instagramnya.

Melalui kompetisi dan pencapaian tersebut, menjadi langkah awal Divisi Animasi Unikom untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan di tingkat nasional maupun internasional. Sehingga diharapkan mampu mengharumkan nama Unikom dan memajukan industri perfilman animasi di Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Masuki Tahap Workshop
Senin, 19 November 2018
Bantuan bimbingan pendaftaran HKI
Senin, 19 November 2018
Short Diplomatic Practice Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom Bertandang ke Inggris
Sabtu, 17 November 2018