BERITA

Upaya untuk Tetap Produktif Saat Work from Home

Kamis, 02 April 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Pandemi Virus Corona (Covid-19) mendorong manusia untuk menjaga jarak fisik dan sosial. Penerapan peraturan pemerintah demi mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Indonesia khususnya di Jawa Barat yang mana salah satunya melalui work from home (WFH) atau bekerja di rumah dimana telah dilakukan oleh beberapa instansi pemerintah ataupun swasta, demikian juga dalam bidang pendidikan yakni penerapan Study From Home (SFH) yang sudah dilakukan oleh anak-anak sekolah hingga pendidikan tinggi.

Kebijakan work from home (WFH) banyak menuai pro dan kontra terutama bagi para pekerja karena bagi sebagian bidang pekerjaan memang belum bisa dilakukan, apalagi dari kesiapan perusahaan belum tentu semua siap dengan sistem WFH ini. Rekomendasinya bagi para perusahaan dan bisnis bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk menunjang aktivitas work from home agar hasilnya maksimal.

Dilansir dari www.qwords.com, work from home adalah suatu istilah bekerja dari jarak jauh, lebih tepatnya bekerja dari rumah. Jadi pekerja tidak perlu datang ke kantor tatap muka dengan para pekerja lainnya. work from home ini sudah tidak asing bagi para pekerja freelancer, namun istilahnya mereka lebih sering menyebutnya dengan kerja remote atau remote working. Meski sekilas terdengar menyenangkan, namun pada nyatanya work from home ini menyimpan kekurangan dimana salah satunya timbulnya penurunan produktivitas bekerja karena banyak gangguan dan kurangnya pengawasan. Maka, segala upaya harus diterapkan agar work from home ini dapat berjalan produktif dan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Dikutip dari www.cnnindonesia.com terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas saat work from home yaitu:

1. Membuat jadwal

Work from home bukan berarti liburan atau berleha-leha di rumah, maka buatlah jadwal untuk bekerja dan taatilah jadwal tersebut. Misalnya bekerja mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Pastikan Anda sudah siap untuk bekerja di waktu yang sudah ditetapkan dengan keadaan yang nyaman. Jangan mulai bekerja sebelum jadwal dan selesaikan pekerjaan tepat waktu, kecuali jika Anda mesti lembur dari rumah.

2. Beri jeda setiap 120 menit

Dilansir dari Inc bahwa studi menunjukkan memberi jeda pada pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas. Beri jeda setiap 90-120 menit selama 10-15 menit
 maka jeda itu dapat dilakukan untuk istirahat sejenak, mencari udara segar, atau peregangan.

3. Matikan notifikasi

Saat bekerja, tingkatkan fokus dengan cara mematikan sejumlah notifikasi yang tidak penting seperti media sosial dan pemberitahuan sejumlah aplikasi. Gangguan sekecil apapun dari dering handphone atau laptop dapat merusak suasana hati dan menghilangkan fokus.

4. Pilih lokasi yang nyaman

Pilihlah lokasi yang nyaman untuk bekerja seperti di ruang keluarga, ruang tamu, atau pekarangan rumah. Hindari bekerja di tempat tidur karena dapat merusak produktivitas. Siapkan pula barang-barang yang dapat meningkatkan suasana hati. Misalnya, foto keluarga, tanaman, hingga camilan.

5. Ingat tujuan bekerja

Bekerjalah dengan tujuan dan niat yang baik, karena saat bekerja dari rumah ingat kembali tujuan tersebut. Dikutip dari Medium, tujuan tersebut nyatanya dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja, membuat Anda lebih bersemangat, dan bekerja dengan lebih ikhlas.

 

Lebih lanjut, agar WFH dapat berjalan dengan optimal diperlukan kerja sama pimpinan maupun pegawainya, dimana bagi pimpinan agar senantiasa menegakkan regulasi yang disepakati dan mendengarkan aspirasi pegawai binaannya tersebut. Sedangkan bagi pegawai, harus dapat mengupayakan produktivitas guna menjaga kepercayaan pimpinan dalam menerapkan WFH. Selain itu, diperlukan kedisiplinan yang disertai profesionalisme, integritas yang kuat, responsif terhadap penugasan, serta antusias sehingga dapat meningkatkan kualitas pekerjaan.

Segala upaya maksimal dalam menjalankan WFH tersebut tentunya telah dilakukan oleh Rektor Unikom melalui regulasi yang ditetapkan. Meskipun saat ini seluruh sivitas akademika Unikom tengah melakukan WFH, namun Rektor Unikom dan seluruh jajaran Pimpinan Unikom akan selalu bersinergi aktif dalam mengupayakan proses bekerja secara efektif dengan segala fasilitas aplikasi online yang telah disediakan, salah satunya dimana secara rutin setiap bidang kerja melakukan rapat melalui daring demi terciptanya kerjasama yang maksimal sehingga diharapkan walaupun WFH namun proses bekerja akan tetap selalu mencapai titik produktifnya. (Diolah dari berbagai sumber – Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020