BERITA

Upaya Unikom Tingkatkan Kualitas Karya Ilmiah Berstandar Internasional

Sabtu, 21 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- “Workshop penulisan proceeding dan jurnal merupakan bagian penting bagi kalangan dosen Unikom untuk memulai dan belajar dengan sungguh-sungguh dalam membuat sebuah karya ilmiah berkualitas yang mengacu pada standar internasional,”, ujar Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, dalam sambutannya di acara Workshop Penulisan Proceeding/Jurnal Terindeks Scopus dan Thompson Reuters, Kamis (19/10). Menurutnya, kegiatan yang digelar di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom adalah upaya untuk membangkitkan iklim menulis dan semangat berkonferensi di lingkungan Civitas Akademika Unikom, sehingga mampu meningkatkan motivasi seluruh dosen agar semakin giat menulis dan berkontribusi di bidang kelimuannya masing-masing.

Kegiatan yang diikuti ± 200 peserta yakni para Direktur, Ketua Divisi, Ketua dan Sekretaris Program Studi serta seluruh Dosen di lingkungan Unikom, merupakan bentuk sosialisasi dan persiapan Unikom berkenaan dengan rencananya untuk menggelar International Conference on Informatics, Engineering, Science & Technology (INCITEST) pada 9 Mei 2018 dan International Conference on Business, Economics, Social Sciences & Humanities (ICOBEST) pada 22 November 2018 mendatang. Sehingga melalui kegiatan ini, dosen Unikom diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk memeperoleh ilmu yang sangat berarti guna meningkatkan kemampuan lebih baik dalam menulis karya ilmiah sesuai standar Scopus atau Thompson Reuters yang menjadi impian senegap dosen di tanah air.

Workshop bertemakan ‘Tips dan Trik untuk Menulis Proceeding/Jurnal agar Terindeks Scopus/Thompson Reuters’ yang dipandu oleh Dr. Isma Widiaty, M.Pd sebagai moderator, menghadirkan sejumlah narasumber kompeten di bidang penulisan jurnal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), antara lain: 1) Assoc. Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah; 2) Ari Arifin D, S.Pd., M.Pd; dan 3) Dr. Eng. Asep Bayu Dani Nandiyanto, S.T., M.Eng. “…yang perlu digarisbawahi dalam bidang penulisan dan publikasi, bahwa paper tidak sekedar makalah ditulis dalam bahasa inggris, tetapi permasalahan yang ditulis harus berada pada perspektif global serta aspek originalitas dan novelty menjadi hal yang sangat penting. Minimal memiliki perbedaan dengan hasil penelitian orang lain,” ujar Ade Gafar dalam pemaparan materinya tentang ‘Coaching Clinic Penulisan Proceeding INCITEST’.

Tidak hanya memaparkan materi, narasumber pun memberikan arahan dan diskusi terkait submit paper kepada para peserta workshop yang dilakukannya melalui pemantauan secara berkeliling ke masing-masing peserta. Sebagai perguruan tinggi senior, UPI melalui timnya turut membina dan membimbing Unikom dengan membagikan berbagai pengalaman di bidang penulisan jurnal dan publikasi hingga penyelenggaraan international conference.

Selain workshop, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30-12.00 WIB turut diisi dengan agenda peresmian website INCITEST oleh Rektor Unikom, di dampingi para Wakil Rektor dan Ketua Divisi Jurnal Unikom sekaligus Ketua Pelaksana INCITEST, Dr. Poni Sukaesih K, S.IP., M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Poni memperkenalkan timnya di kepanitiaan INCITEST, antara lain: 1) Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si; 2) Bobi Kurniawan, S.T., M.Kom; 3) Agus Mulyana, S.Kom., M.T; dan 4) Senny Luckyardi, S.T. Beliau pun turut memberikan pengarahan terkait pelaksanaan INCITEST yang informasinya dapat diakses di http://incitest.unikom.ac.id.  

Mengakhiri kegiatan tersebut, agenda ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada Narasumber dan Moderator oleh Ketua Divisi Jurnal Unikom, dilanjutkan dengan ramah tamah di Lantai 16 Smart Building Unikom. Melalui workshop ini diharapkan para dosen Unikom semakin menunjukan kecintaannya kepada institusi dengan menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas dan sesuai standar internasional. Sehingga Unikom mampu meningkatkan jumlah publikasi ilmiahnya dan bersanding dengan banyak perguruan tinggi senior di Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019