BERITA

Upaya UKM Glosarium dalam Melatih Sikap Kepemimpinan Anggota

Sabtu, 28 Maret 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM -- Peran perguruan tinggi dalam mencetak mahasiswa menjadi agen perubahan atau agent of change dapat tercipta melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui berbagai program kerja yang digagas UKM dimana diharapkan para anggota dapat mengenal, memahami, dan mampu menjadi seorang problem solver bagi permasalahan yang mungkin terjadi baik pada diri sendiri atau lingkungan sekitar. Maka, sebagai seorang mahasiswa, membangun jiwa kepemimpinan dalam manajemen organisasi sangat diperlukan.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam praktik organisasi keinginan mahasiswa untuk menjadi agent of change bagi diri sendiri dan sekitarnya dapat dikatakan masih kurang. Maka dari itu, UKM Glosarium mempunyai salah satu program kerja yaitu Leardeship. Kegiatan Leadership yang dilaksanakan tersebut bertolak dari tema yang digagas yaitu “Membangun Jiwa Kepemimpinan Calon Anggota Glosarium 2019” pada hari Sabtu - Minggu, 14 – 15 Maret 2020.

Bertempat di Villa Raju Sukajaya Lembang Kota Bandung, kegiatan makrab merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh UKM Glosarium dimana melibatkan sebanyak 96 orang yang tediri dari para alumni, pembina dan seluruh anggota. Rangkaian agenda kegiatan pun dikemas secara menarik oleh panitia, memasuki agenda inti agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pemaknaan foto oleh Naufal Rifat dan Nurdita Afifah serta materi mind mapping yang disampaikan oleh Muhammad Azriel Iriandica Pratama. Selanjutnya, agenda dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama alumni, post to post dan serah terima jabatan.

Ketua Umum UKM Glosarium, Rizsa Faozsiyah menyampaikan “Pelaksanaan kegiatan makrab ini bertujuan sebagai ajang untuk bersilaturahmi antara pembina, alumni, serta seluruh anggota UKM Glosarium, membina jiwa kepemimpinan setiap calon anggota muda, meningkatkan rasa solidaritas dalam memahami manajemen kepemimpinan dan memperkenalkan UKM Glosarium secara lebih dalam kepada para calon anggota muda. Pentingnya membangun jiwa kepemimpinan ini akan menjadi fokus kami sebagai penyelenggara agar kedepannya langkah dari angkatan muda yang akan meneruskan dan membangun UKM Glosarium agar lebih disiplin terarah.” ujarnya.

Lebih lanjut, Rizsa berharap “Terselenggaranya kegiatan Leadership ini diharapkan mahasiswa khususnya calon anggota UKM Glosarium mampu membangun pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan dan managerial baik untuk diri sendiri atau organisasi. Semoga kegiatan makrab dapat semakin meningkatkan rasa solidaritas sehingga dapat terjalin hubungan yang baik antar anggota UKM Glosarium.” tambahnya. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020