BERITA

Upaya Peningkatan Kualitas Program Studi, Direktorat PTSI Unikom Sosialisasikan Sistem Baru

Kamis, 19 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom yang dipimpin oleh Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom.,M.T, melakukan sosialisasi sistem baru yang diterapkan dalam aktivitas akademik kepada seluruh dosen di lingkungan Unikom. Sosialisasi di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, pada Kamis (12/9/2019), mencakup beberapa aspek diantaranya: 1) Update Data dan Aktivitas Dosen; 2) Daftar Hadir Perkuliahan dan Berita Acara Pengajaran; 3) Himbauan untuk Meningkatkan Webometrics; 4) LMS dan Pembelajaran Daring; 5) Perwalian, dan berbagai sistem lainnya.

Adam mengungkapkan, pada dasarnya data dosen yang diperlukan sifatnya sama namun selama ini data tersebut tidak terintegrasi sehingga memiliki sistem yang berbeda-beda. “…kami berinisiatif untuk menyatukan menjadi satu sistem sehingga dosen tidak perlu melaporkan data atau update data pada sistem yang berbeda,” ujarnya. Mengenai himbauan peningkatan Webometrics, Adam telah merencanakan untuk mengadakan pelatihan menulis bagi para dosen, cara sederhananya dengan membuat blog minimal satu artikel setiap semester.

Peningkatan Webometrics sendiri memiliki beberapa poin yang dijadikan penilaian khususnya untuk pemeringkatan Unikom, antara lain: 1) Presence (jumlah situs di Unikom); 2) Impact (jumlah backlick dari situs luar Unikom); 3) Transparency (jumlah sitasi ke top 10 author berdasarkan dari jumlah tulisan); dan 4) Excellence (jumlah paper yang paling banyak disitasi di 26 disiplin ilmu yang ada di SCIMAGO).

Menuju World Class University, Unikom pun senatiasa melakukan peningkatan kualitas di berbagai lini. Hal ini turut diungkapkan Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Seogoto, M.T yang hadir dalam kesempatan tersebut. Menurutnya, sosialisasi terhadap perkembangan Information and Communication Technologies (ICT) yang dilakukan oleh Direktorat PTSI Unikom diharapkan semakin membantu dan meningkatkan kualitas program studi yang tentunya berpengaruh pada peningkatan kualitas Unikom itu sendiri. “…berbagai sistem yang dipaparkan, diharapkan para dosen dapat melakukan action untuk upload ataupun update data dan hal-hal yang berkaitan dengan potensi diri,” jelas Rektor Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Hasil Ujian Saringan Masuk Unikom Gelombang I Tahun Ajaran 2020/2021
Sabtu, 28 Maret 2020
Upaya UKM Glosarium dalam Melatih Sikap Kepemimpinan Anggota
Sabtu, 28 Maret 2020
Solusi Kuliah Jarak Jauh
Jumat, 27 Maret 2020