BERITA

Unikom Sambut Tamu Kunjungan dari Kabupaten Lampung Timur

Selasa, 16 Januari 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- “Unikom yang resmi berdiri di tahun 2000 selalu menatap hal-hal yang dibutuhkan bangsa ini terutama di era global melalui pembaharuan dan peningkatan berbagai sektor baik sisi akademik maupun non akademik,” ujar Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si selaku Direktur Humas dan Protokoler Unikom saat menyambut kedatangan SMK Ma’Arif NU 04 Darurrohmah Kabupaten Lampung Timur, Senin (15/1).  Melalui sambutannya, beliau turut menjelaskan sejarah singkat Unikom sebagai kampus yang saat ini masih tergolong usia ‘remaja’ namun terus melakukan peningkatan signifikan sehingga menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

“Kampus kami jika dibandingkan universitas lain yang ada di Kota Bandung, masih tebilang sangat muda. Tetapi kami berkomitmen untuk mempertahankan kualitas tidak hanya mengejar sisi kuantitas. Bahkan, Unikom menginginkan para mahasiswa mampu bersaing di era globalisasi dengan adanya pembekalan kompetensi tambahan yang dinilai wajib diantaranya mata kuliah berbasis komputer aplikasi, animasi dan multimedia, serta entrepreneurship supaya kelak lulusan kami bisa menggali kreativitas dan inovasi dengan menciptakan lahan pekerjaannya sendiri dan memberikan manfaat bagi universitas masyarakat,” tambah Desayu.

Kunjungan yang disambut di Ruang L.018 Smart Building Unikom diikuti ± 40 siswa/I dari Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Akuntansi serta 15 guru pendamping. Dalam kesempatan tersebut, H. Abdul Basith selaku Ketua Yayasan mengungkapkan rasa terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan Unikom kepada pihak SMK Ma’Arif NU 04 Darurrohmah Kabupaten Lampung Timur bahkan pihaknya sangat kagum ketika menginjakan kaki di Unikom karena melihat sarana dan prasarana kampus yang begitu megah layaknya sebuah hotel berbintang.

Abdul Basith menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun sejak lima tahun terakhir. Adapun tujuan utama memilih Unikom sebagai tempat yang dikunjungi di Kota Bandung yaitu untuk bisa menjalin silaturahim dan kerja sama agar para siswa/I yang hadir pada kegiatan ini bisa memperoleh pandangan nyata tentang dunia perguruan tinggi. Lebih lanjut dalam sambutannya, Ketua Yayasan juga mengungkapkan letak SMK Ma’Arif NU 04 Darurrohmah Kabupaten Lampung Timur berada di wilayah pedalaman Lampung Timur, dimana para siswa/I setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) mayoritas tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi karena keterbatasan ekonomi yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Hal ini terbukti dari salah satu pertanyaan siswa bernama Nadya (Program Keahlian Akuntansi) atas ketidakpahamannya mengenai perbedaan ilmu yang dipelajari di SMK dan perguruan tinggi, karena Nadya berpikir bahwa di tingkat SMK maupun perguruan tinggi sama-sama menuntut ilmu.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Yayasan menyampaikan harapan lainnya agar kunjungan kali ini bisa membuka cakrawala para siswa/I sehingga mempunyai motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Terutama kebahagiaan pun akan terasa bagi pihak sekolah jika ada siswa/I SMK Ma’Arif NU 04 Darurrohmah Kabupaten Lampung Timur yang bisa memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi di Unikom.

Sesuai dengan program keahlian para siswa/I yang hadir ke Unikom, kunjungan tersebut juga disambut oleh Ketua Program Studi Teknik Komputer Unikom, Dr. Wendi Zarman, M.Si dan Ketua Program Studi Akuntansi yang diwakili oleh Adi Rachmanto, S.Kom.,M.Kom selaku Sekretaris Prodi Akuntansi Unikom. Kedua pimpinan tersebut secara bergantian memperkenalkan bidang yang dipimpinnya sekaligus memberikan pencerahan pentingnya menuntut ilmu setinggi-tingginya. Adapun beberapa poin penting yang disampaikan, diantaranya terkait dengan: 1) Kurikulum; 2) Keunggulan Program Studi; 3) Profil lulusan; 4) Peran Lulusan di Masyarakat; 5) Prestasi yang diraih masing-masing Program Studi.

Walaupun peserta yang hadir adalah mereka yang tengah duduk di kelas X, tetapi antusiasme para siswa terhadap keunggulan program studi di Unikom terlihat dari partisipasi dan keaktifannya pada saat sesi tanya jawab. Usai agenda tesebut, para siswa juga disuguhi tayangan sekilas Unikom dan turut serta melaksanakan tour campus mengunjungi Perpustakaan serta Studio Unikom TV dan Unikom Radio. Pelaksanaan kunjungan yang berlangsung sejak pukul 09.00-12.00 WIB diakhiri sesi foto bersama di Lobby Smart Building Unikom guna dokumentasi.  (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019