BERITA

Unikom Sambut Kunjungan Universitas Teknologi Yogyakarta

Sabtu, 03 Maret 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sejumlah 94 mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) melakukan kunjungan ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan disambut secara langsung oleh Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Rabu (28/2). Melalui sambutan pembukanya, Desayu memaparkan sejarah singkat berdirinya Unikom yang semula bukanlah universitas melainkan sebuah Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman (LPKIG).

Seiring dengan perkembangannya yang terbilang pesat, lembaga pendidikan tersebut resmi berganti nama menjadi Unikom di tahun 2000 dan saat ini menampung ± 10.000 mahasiswa aktif dengan 7 fakultas yang menaungi 23 program studi. “…kampus Unikom yang tergolong berusia remaja, karena di tahun 2018 baru akan menginjak di angka 18 tahun tetapi Unikom mampu menunjukkan kiprahnya sebagai perguruan tinggi terkemuka khususnya di bidang IT, hal ini tentunya berkat keunggulan Unikom yang membekali seluruh mahasiswa dengan mata kuliah wajib berbasis komputer aplikasi dari semester satu hingga tujuh, sehingga lulusan kami bisa memiliki kompetensi tambahan karena pada saat lulus tidak hanya memperoleh ijazah dan transkip nilai tetapi dilengkapi berbagai sertifikasi di bidang hardware, software, entrepreneur, termasuk animasi dan multimedia,” ujar Desayu.

Lebih lanjut, beliau memaparkan bahwa sebagai salah satu pakar entrepreneur di Indonesia, Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, MT, turut membekali mahasiswa dengan mata kuliah entrepreneurship, agar lulusan Unikom tidak bertumpu pada peluang kerja yang ditawarkan oleh lembaga pemerintah atau swasta, tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri yang bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui pemaparan yang disampaikan, atensi positif hadir dari seluruh peserta untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai Unikom, termasuk salah satunya Dosen Pembina Himatika UTY, M. Fachrie, M.Cs. Beliau menuturkan, pihaknya merasa sangat terhormat karena mendapatkan sambutan luar biasa bahkan diluar ekspektasi. “Walaupun tema kami adalah kunjungan industri, tetapi kami merasa perlu untuk melakukan kunjungan ke sesama perguruan tinggi dan satu-satunya PT yang kami kunjungi di tahun ini adalah Unikom karena sejauh pengetahuan kami, Unikom adalah PTS yang tergolong baru tetapi lompatannya cukup tinggi, sehingga kami di UTY merasa perlu berbenah telebih saat ini kami sedang menggali untuk perbaikan kurikulum,” jelasnya.

Menanggapi harapan tersebut, Ketua Program Studi Teknik Informatika Unikom, Irawan Afrianto, S.T.,M.T yang hadir didampingi Sekretaris Prodi IF, Riani Lubis, M.T dan Dosen Pembina Kemahasiswaan Hima IF, Hanhan Maulana, M.Kom,  menjelaskan beberapa aspek penting dalam program studi yang dipimpinnya, terkait visi dan misi, struktur organisasi, prestasi, termasuk salah satunya gambaran kurikulum yang berlaku di Prodi IF Unikom. “…saat ini, kurikulum yang diterapkan oleh prodi kami yaitu kurikulum 2010 untuk mahasiswa aktif angkatan sebelum 2016, dan kurikulum 2016 untuk mahasiswa aktif angkatan 2016 dan seterusnya, sejalan dengan perkembangan Unikom kami pun memfasilitasi mahasiwa dengan sistem informasi pendukung akademik, diantaranya perwalian online, kuliah online, dashboard mahasiswa dan pengajuan proposal skirpsi secara online,” tutur Irawan.

Sebagai salah satu prodi yang memiliki student body terbesar di Unikom, Prodi IF rutin melakukan pengembangan yang digagas oleh dosen, mahasiswa, maupun kolaborasi antar keduanya. Hal tersebut juga direalisasikan melalui kolaborasi kerja sama antara program kerja Prodi dan Himpunan Mahasiswa IF Unikom. Usai pemaparan tersebut, para peserta tidak menyia-nyiakan kesempatan guna menggali informasi lebih lanjut pada sesi tanya jawab. Mereka pun tertarik untuk mengadkaan kerja sama antar himpunan, dan lebih lanjutnya antar prodi.

Pelaksanaan kunjungan yang dibantu oleh Staf Direktorat Humas dan Protokoler serta Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, diakhiri penayangan sekilas tentang Unikom dan tour campus ke beberapa fasilitas yang tersedia di Unikom, diantaranya Perpustakaan, Studio Unikom TV dan Unikom Radio. Sehingga diharapkan, para peserta bisa memperoleh wawasan lebih sebagai bahan referensi guna pengembangan kampusnya. (Direktorat Hms & Pro)

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019
Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019