BERITA

Unikom Sambut Kunjungan SMK Nusa Bangsa Mranggen Demak

Selasa, 25 September 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si bersama Staf Direktorat Humas dan Protokoler serta Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, menyambut kehadiran tamu kunjungan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nusa Bangsa Mranggen Demak, Sabtu (15/9). Melalui sambutan pembukanya, Desayu mengucapkan terima kasih atas pemilihan Unikom tempat yang dikunjungi di Kota Bandung dan menjadi salah satu referensi perguruan tinggi bagi para siswanya.

“…pertemuan ini bisa menjadi ajang sharing dan studi banding melihat secara konkret Universitas Komputer Indonesia dan menjadi gambaran setelah siswa lulus dari sekolahnya nanti, apakah para siswa/I akan bekerja atau melanjutkan studi, tentunya semua pun berharap bisa masuk ke perguruan tinggi negeri di tengah dikotomi antara PTN dan PTS yang saat ini ramai diperbincangkan, namun pada dasarnya PTS membantu anak-anak yang belum berkesempatan kuliah di negeri karena persaingan ketat terlebih secara kualitas pun PTS terus melakukan peningkatan seperti yang diimplementasikan oleh Unikom,” ujar Desayu.

Sebagai perguruan tinggi yang masih berusia remaja, Unikom menaungi 23 program studi dalam 7 fakultas dengan total mahasiswa aktif berkisar di angka 13.000 orang. Seiring dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan, Unikom pun semakin dilirik dan diminati para calon mahasiswa baru mengingat pada tahun 2020 mendatang Unikom diusung oleh APTISI Wilayah IV sebagai salah satu kampus menuju The Wolrd University.

“Sejalan dengan visi misi jangka panjang yang telah dirumuskan oleh pendirinya, kami optimis bahwa Unikom siap bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, serta lulusannya pun mampu berkompetisi karena telah dibekali sejumlah mata kuliah yang menunjang mereka ketika memasuki dunia industri dan bermasyarakat, yaitu mata kuliah hardware, software, animasi dan multimedia, serta keterampilan berbisnis melalui entrepreneurship, disamping keilmuannya yang mereka tekuni selama studi di Unikom,” jelas Desayu.

Atas pemaparan tersebut, pihak SMK Nusa Bangsa Mranggen Demak menyambut positif dan merasa beruntung karena pilihannya mengunjungi Unikom bersama para siswa/I Kelas X dan XI dari Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak adalah keputusan yang tepat. Hal tersebut diungkapkan oleh Misbakhul Munir, M.Pd selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum, karena menurutnya para siswa/I penting untuk dibekali pengetahuan dan wawasan tentang dunia nyata perguruan tinggi, sehingga kelak setelah lulus nanti mereka mempunyai rencana matang untuk melanjutkan langkahnya.

Sementara itu, guna memperluas wawasan para siswa/I khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai bidang keilmuan yang tengah mereka geluti saat ini, turut hadir Divisi CodeLabs Unikom yang diwakili oleh Muahammad Naufal (Wakil Presiden CodeLabs Bidang Operasional) dan Daniyal Ahmad Rizaldhi (Wakil Presiden CodeLabs Bidang Administrasi). Secara umum keduanya memperkenalkan perkembangan dunia TIK yang saat ini sudah banyak diimplementasikan oleh CodeLabs menjadi berbagai software atau aplikasi. Tentunya karya yang selama ini lahir dari tangan-tangan terampil CodeLabs telah teruji di berbagai kompetisi dan meraih banyak pengharghaan. Beberapa aplikasi yang diperkenalkan Divisi CodeLabs Unikom diantaranya, Tanah Airku, Tapto Reborn, Unikom Apps, dan sebagainya.

Selain diisi dengan pengarahan, kegiatan kunjungan juga membuka kesempatan sesi tanya jawab dengan harapan para peserta bisa eksplorasi hal-hal yang ingin mereka ketahui, tentang perkembangan TIK secara umum dan Unikom pada khususnya. Guna melengkapi rangkaian kunjungan, para peserta juga disuguhi tayangan sekilas Unikom yang memperkenalkan berbagai prestasi, aktivitas, dan fasilitas yang dimiliki Unikom.

Begitu pesatnya perkembangan teknologi saat ini, pihak sekolah menyarankan agar para siswa/I membuka pemikirannya untuk terus mengasah kemampuan dan memperkaya skill salah satunya dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Banyaknya ragam beasiswa yang ditawarkan oleh sejumlah perguruan tinggi termasuk Unikom, menjadi salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan selama para siswa/I memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi. (Direktorat Hms & Pro)

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019