BERITA

Unikom Sambut Kunjungan SMK Muhammadiyah 1 Turi Yogyakarta

Rabu, 13 Maret 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) melalui Direktorat Humas dan Protokoler, menyambut kunjungan SMK Muhammadiyah 1 Turi Yogyakarta yang berkunjung ke Unikom pada Selasa (5/3/2019). Peserta kunjungan yang terdiri dari 69 siswa/I serta 4 guru pendamping, disambut di Ruang L.018 Smart Building Unikom oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom Dr. Desayu Eka Surya S.Sos., M.Si., serta Ketua Divisi Codelabs Unikom, Dian Dharmayanti, ST., M.Kom.

Membuka rangkaian agenda kunjungan, Desayu mengucapkan terima kasih khususnya kepada pihak sekolah karena telah memilih Unikom sebagai tempat yang dituju di Kota Bandung. Desayu memaparkan sekilas tentang Unikom, mulai dari sejarah, visi misi, dan budaya Unikom yaitu PIQIE (Professional, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent). “Budaya PIQIE ini menjadi dasar acuan kami untuk selalu dapat meningkatkan pelayanan, mutu dan kualitas kami dimulai dengan profesional seperti disiplin dan bertanggung jawab yang diimplementasikan oleh jajaran pimpinan, dosen dan staf karyawan di lingkungan Unikom,” tuturnya.

Lebih lanjut Desayu menyampaikan setiap makna budaya PIQIE tersebut di hadapan peserta kunjungan. “…integritas kami wujudkan dengan menjaga nama baik sehingga akan menghasilkan  kualitas yang memberikan mutu terbaik pada proses perkuliahan, sistem pendidikan dan layanan akademik. Tak lupa teknologi informasi menjadi poin penting karena Unikom terkenal dengan kampus IT maka semua sistem yang digunakan baik sistem pendidikan dan sistem pelayanan beroperasi secara online. Budaya Unikom inilah yang akan melahirkan sebuah hasil maksimal salah satunya mencetak SDM yang berkualitas, mental juara, siap berkompetensi dan berkinerja unggul,” tambah Desayu.

Hal itulah yang mendasari pihak sekolah berkunjung ke Unikom terlebih kompetensi para siswa di Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) memiliki keterkaitan dengan berbagai program studi di Unikom. Menurut Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Dwi Ratna Kusumawati S.IP., kunjungannya kali ini sengaja difokuskan untuk menggali informasi tentang pendidikan tinggi yang berkecimpung di dunia IT. “Unikom adalah sumbernya orang-orang IT yang hebat, maka kami berharap bisa dapatkan pengalaman dan pengetahuan baru untuk dijadikan oleh-oleh yang akan kami sampaikan kepada teman-teman lainnya di Yogyakarta yang belum memiliki kesempatan datang ke Unikom,” ucapnya.

Meskipun asumsi yang lebih dikenal bahwa lulusan SMK orientasinya untuk bekerja, tapi pihak sekolah ingin membuka wawasan para siswa bahwa mereka pun berkesempatan untuk mengejar ilmu setinggi-tingginya. “…bagi kami itu adalah pemahaman dulu karena saat ini SMK berhak untuk mendapat kemampuan lebih dengan membawa ilmu setinggi-tingginya ke perguruan tinggi. Alhamdulillah sekolah kami memiliki animo tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga merupakan satu motivasi yang luar biasa bagi kami dapat berkesempatan mengunjungi Unikom,” tambah Dwi.

Memasuki agenda inti yakni pengarahan tentang Divisi CodeLabs Unikom, Dian menjelaskan  bahwa Codelabs adalah divisi yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dan sebagai inkubator untuk mengembangkan skill. Saat ini keberadaannya dinaungi oleh Direktorat Inovasi dan Kompetisi Unikom serta Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Unikom. Selain terkait profil, turut diperkenalkan berbagai karya CodeLabs yang telah meraih berbagai prestasi salah satunya “Tanah Airku”. Aplikasi ini merupakan inovasi media pembelajaran budaya Indonesia dengan augmented reality secara interaktif sehingga akan mempermudah siapapun yang ingin belajar budaya Indonesia.

Usai pengarahan materi, kegiatan berlanjut pada sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan dari Unikom untuk SMK Muhammadiyah 1 Turi Yogyakarta, begitupun sebaliknya. Akhir dari rangkaian kunjungan ke Unikom ditutup dengan agenda tour campus ke Perpustakaan Unikom dan foto bersama di Lobby Smart Building Unikom guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019