BERITA

Unikom Sambut Kunjungan SMK Bunga Persada Cianjur

Rabu, 13 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) melalui Direktorat Humas dan Protokoler menyambut kunjungan SMK Bunga Persada Cianjur yang dihadiri 163 siswa/i kelas X dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektronika dan Industri, dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Kunjungan diterima di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, turut dihadiri Kepala SMK Bunga Persada Cianjur, Agus Salim Shoffan, S.T serta 15 guru pembimbing yang mewakili masing-masing jurusan.

Agenda kunjungan diawali sambutan pembuka oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si yang memaparkan pengenalan sekilas tentang Unikom. Desayu menyampaikan, Unikom sebagai kampus yang usianya terbilang masih muda telah memiliki berbagai prestasi membanggakan bahkan dicanangkan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) untuk menjadi The World Class University. Selanjutnya Desayu juga memberi penjelasan tentang fakultas dan program studi yang ada di lingkungan Unikom sehingga para peserta kunjungan semakin mengenal kampus ini.

Unikom juga memfasilitasi mahasiswa dan calon mahasiswanya dengan berbagai beasiswa yang dapat dimanfaatkan. “Misalnya, pihak sekolah merekomendasikan para siswa/i nya yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, atau mendaftar secara mandiri untuk memanfaatkan beasiswa unggulan Unikom bahkan ada program double degree sehingga ketika lulus memperoleh dua gelar sekaligus,” jelas Desayu.

Sementara itu, Agus menyambut baik kesempatan yang diberikan Unikom melalui kegiatan kunjungan ini. Beliau mengharapkan, setiap informasi yang diperoleh dari kunjungan ke Unikom dapat membuka wawasan tentang dunia pendidikan tinggi dan menjadikan inspirasi bahwa siswa/i SMK tidak terbatas untuk belajar sampai dengan jenjang sekolah menengah saja karena salah satu makna “SMK Bisa” adalah bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bisa bekerja, dan bisa berwirausaha.”Sebagai sekolah vokasi, selain melalukan berbagai kerjasama dengan dunia industri kami juga menginginkan ada mitra dengan perguruan tinggi yang mampu menjadi peluang dan acuan dalam pengembangan siswa/i serta tenaga pengajar dalam ranah pengetahuan dan pengembangan karir,” ujar Agus.

Memasuki agenda inti, diisi dengan pemaparan materi oleh Usep Mohamad Ishaq, Ph.D selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer Unikom dan Dr. Yusrila Y. Kerlooza, S.Si.,M.T selaku Direktur Inovasi dan Kompetisi selakigus Ketua Program Studi Teknik Elektro Unikom. Kedua program studi tersebut berada di bawah fakultas yang sama yakni Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom. Usep memperkenalkan program studi yang dipimpinnya sekaligus beberapa perbedaan dengan program studi lain yang seringkali dianggap sama, misalnya Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Lain halnya dengan Yusrila, yang cenderung memaparkan pengalamannya dalam mengikuti berbagai kompetisi. Tentunya, inilah salah satu yang menjadi poin plus Unikom untuk mahasiswa melalui keberadaan sejumlah divisi di Unikom dibawah naungan Direktorat Inovasi dan Kompetisi Unikom. Menurut Yusrila, kompetisi adalah cara yang paling efektif untuk mencari SDM unggul yang siap terjun di dunia industri dan tentunya melalui divisi mahasiswa diarahkan untuk bereroentasi pada kompetisi.

Usai pemaparan materi, dilanjutkan sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan. Melengkapi rangkaian kunjungan, para peserta disuguhi tayangan sekilas tentang Unikom dan melihat Unikom secara lebih dekat melalui agenda tour campus ke Perpustakaan dan Unikom Radio serta Unikom Tv. (Direktorat Hms & Pro)

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019
Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019