BERITA

Unikom Menyambut Kunjungan SMK Pelita Cendekia Bangsa Tasikmalaya

Jumat, 20 Desember 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Sebanyak 42 siswa dengan kompetensi jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan didampingi oleh 4 orang guru SMK Pelita Cendekia Bangsa Tasikmalaya memadati Ruang L.018 Smart Building Unikom pada Selasa (17/12/2019). Kunjungan ini merupakan upaya pihak sekolah untuk meningkatkan mutu lulusan atau sumber daya manusia, serta memberikan bekal pengetahuan bagi peserta didiknya mengenai dunia pendidikan tinggi yang sesungguhnya.

Melalui sambutannya, Yusuf Sajidin S.Kom., selaku perwakilan guru jurusan TKJ SMK Pelita Cendekia Bangsa Tasikmalaya mengucapkan rasa bangga dan terima kasih atas sambutan kunjungan yang sangat berharganya dari Unikom. “Melaksanakan program dua tahun sekali yakni kunjungan industri, dimana dalam kesempatan ini kami memilih Unikom sebagai perguruan tinggi yang kami kunjungi karena Unikom terkenal dengan kampus IT, yang dapat mendukung kami untuk menambah ilmu, pengetahuan dan wawasan mengenai teknologi di era industry 4.0 ini.” ujar Yusuf.

Selain itu Yusuf menambahkan bahwa keberhasilan robot Unikom dalam mengantarkan Indonesia sebagai juara dunia menjadi pemicu utama kunjungan ini. “….bertolak dari program jurusan TKJ kami yang mana salah satu misinya ingin membuat robot, maka melalui kesempatan ini kami berharap mendapatkan ilmu mengenai tahapan pembuatan robot. Harapan kami semoga pertemuan ini menjadi pembuka kesempatan untuk pertemuan dan kerjasama selanjutnya.” tutur Yusuf.

Kunjungan yang berlangsung pada pukul 11.00 WIB, turut dihadiri oleh Direktur Inovasi dan Kompetisi Unikom Dr. Yusrila Y. Kerlooza, S.Si., MT., dan Dosen Program Studi Teknik Komputer Unikom M. Fajar Wicaksono, M.Kom., serta Staf Direktorat Humas dan Protokoler Faiza Sintia Mutmainna, S.I.Kom, mewakili Direktur Humas dan Protokoler Unikom Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., yang berhalangan hadir karena sedang menghadiri Konvensi Nasional Humas (KNH) 2019 di Jogyakarta.

Pada sambutannya, Faiza menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh Siswa/I dan guru di Unikom. Melalui sambutannya, Faiza memperkenalkan Unikom sebagai perguruan tinggi yang masih berusia ‘Remaja’, dimana saat ini Unikom baru berusia 19 tahun. Namun, telah banyak menggenggam prestasi dan pencapaian luar biasa, baik di bidang akademik maupun non akademik. “Di usianya ini Unikom telah memiliki beragam prestasi baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Sehingga, Unikom dapat dikatakan siap untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, melalui semangat kerja, pengembangan SDM, inovasi dan kualitas pembelajarannya.” ujar Faiza.

Direktur Inovasi dan Kompetisi Unikom menyampaikan bahwa perkembangan teknologi akan menghasilkan lapangan pekerjaan karena dengan kemudahan internet maka segala hal dapat terlaksana. Selanjutnya, Yusrila memaparkan materi mengenai keberhasilan Unikom dalam inovasi ataupun kompetisi yang berhasil diraih. “…inti dari pencapaian sebuah inovasi dan kejuaraan dalam kompetisi ialah dibutuhkan adanya minat dan niat. Dalam pembuatan robot dapat diandaikan seperti membuat batik, dimana dengan titik-titik akan dirangkai menjadi sebuah kesatuan praktisi yang menghasilkan sebuah robot.” ujar Yusrila.

Selain Yusrila, Dosen Prodi Teknik Komputer pun menjelaskan salah satu Prodi di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom yakni Diploma 3 (D3) Teknik Komputer. Melalui kesempatan ini, Fajar mengenalkan Prodi Teknik Komputer berdasarkan visi, misi, struktur organisasi, kurikulum, fasilitas, prestasi dan keberhasilan lulusan Prodi Teknik Komputer Unikom.

Usai pengarahan masing-masing bidang, agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata dari Unikom dan SMK Pelita Cendekia Tasikmalaya. Dalam kegiatan tersebut, antusiasme peserta terhadap informasi tentang robot sangat terlihat dari banyaknya peserta didik dan guru yang mengajukan pertanyaan. Mengakhiri kegiatan, pelaksanaan kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan tour campus ke Perpustakaan Unikom Lt. 8 Smart Building Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

King Sejong Institute Bandung Gelar Wisuda Online
Rabu, 12 Agustus 2020
Informasi Lowongan Pekerjaan PT. GSI 2020
Rabu, 12 Agustus 2020
Informasi Lowongan Pekerjaan PT. Unikom Kreasi Media 2020
Rabu, 12 Agustus 2020