BERITA

Unikom Menyambut Kunjungan SMK Negeri 1 Tempel Yogyakarta

Jumat, 10 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak ± 300 siswa/i SMK Negeri 1 Tempel Yogyakarta dengan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Pemasaran, Administrasi Perkantoran, serta Akuntansi, memadati Auditorium Miracle dalam rangka “Kunjungan Industri Peserta Didik Tingkat XI” ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Kunjungan yang berlangsung pada Kamis (9/11), merupakan upaya pihak sekolah untuk meningkatkan mutu lulusan atau sumber daya manusia, serta memberikan bekal pengetahuan bagi peserta didiknya mengenai dunia pendidikan tinggi yang sesungguhnya.

“…walaupun tujuan pendidikan di SMK menitikberatkan pada penyiapan peserta didik memasuki lapangan kerja, tetapi kami merasa perlu mengenalkan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, salah satunya Unikom kepada siswa/I kami. Mengingat tidak sedikit dari lulusan SMK, yang mempunyai keinginan dan cita-cita untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Sehingga diharapkan, siswa/I kami bisa terbuka wawasannya untuk mengetahui seperti apa dunia perguruan tinggi,” ujar Dra. Nuning Sulastri, M.M, selaku Kepala Sekolah SMK N 1 Tempel Yogyakarta.

Pelaksanaan kunjungan yang didampingi ± 20 guru pembimbing, secara langsung disambut oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si. Melalui sambutannya, beliau memperkenalkan Unikom sebagai perguruan tinggi yang masih berusia ‘remaja’, namun telah banyak menggenggam prestasi dan pencapaian luar biasa, baik di bidang akademik maupun non akademik. “Unikom bisa dikatakan sebagai kampus baru, jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Kota Bandung yang hampir menginjak usia setengah abad. Tetapi di usia mudanya, Unikom telah meraih sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan mahasiswa maupun dosennya. Sehingga, Unikom siap bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, melalui semangat kerja dan pengembangan SDM, serta kualitas pembelajaran yang selalu mengalami inovasi dan peningkatan secara kontinu,” tutur Desayu.

Lebih lanjut Desayu menerangkan, Unikom mempunyai keunggulan dan ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya, dimana setiap mahasiswa dari seluruh program studi mempelajari mata kuliah berbasis komputer aplikasi dari semester 1 hingga 7 sesuai kebutuhan keilmuannya masing-masing. Bahkan, pesatnya perkembangan dunia industri animasi di Indonesia, menjadi salah satu inovasi Unikom untuk membekali mahasiswa dengan mata kuliah Animasi dan Multimedia.

 “Ketika lulus nanti, mahasiswa kami tidak hanya dibekali ijazah dan transkip nilai tetapi dilengkapi dengan sertifikat lainnya yakni, hardware, software, serta entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib. Sehingga lulusan Unikom tidak hanya fokus mencari lapangan pekerjaan, tetapi mereka juga bisa mengeksplor kreativitas dan jeli melihat peluang untuk menjadi seorang entrepreneur,” tambah Desayu. Menutup sambutannya, beliau pun mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat pelayanan yang tidak sesuai harapan.

Kunjungan yang berlangsung pukul 09.00 WIB, turut dihadiri beberapa pimpinan dan dosen Unikom yang menyampaikan pengarahan terkait bidang kerjanya masing-masing, antara lain: 1) Taryana Suryana, S.T.,M.Kom (Direktur ICT dan Multimedia); 2) Dr. Wendi Zarman, M.Si (Ketua Program Studi Teknik Komputer); 3) Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E.,M.Ak,CA (Ketua Program Studi Akuntansi); dan Muhammad Iffan, M.M (Dosen Koordinator Kemahasiswaan Program Studi Manajemen).

Melalui kesempatan tersebut, Taryana menyampaikan materi tentang sistem IT Unikom serta beberapa fasilitas online Unikom, antara lain: 1) Website; 2) Jejaring Sosial Kampus; 3) Blog Komunitas Kampus; 4) Kuliah Online; 5) Nilai Online; 6) Dashboard Mahasiswa; 7) Perwalian Online; 8) Berita Kampus; 9) Sistem Sign On (SSO); dan berbagai fasilitas online lainnya. Taryana pun menerangkan bahwa Unikom telah menerapkan salah satu teknologi terbaru, yakni teknologi fiber optik jaringan yang digunakan untuk komunikasi internal.

Selain Taryana, Ketua Prodi Teknik Komputer pun menjelaskan salah satu Prodi dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer yang memiliki 2 jenis program, yakni Strata 1 (S1) Sistem Komputer dan Diploma 3 (D3) Teknik Komputer. Perbedaan keduanya, bahwa program S1 secara garis besar lebih dominan pada teori, dan program D3 lebih banyak melakukan praktik atau pengaplikasiannya.

Usai pengarahan masing-masing bidang, agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata dari Unikom dan SMK N 1 Tempel Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut, antusiasme peserta terhadap informasi tentang Unikom sangat terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengajukan pertanyaan. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang tertarik mendapatkan beasiswa agar bisa dimanfaatkannya untuk menjadi mahasiswa Unikom.

Pelaksanaan kunjungan yang dibantu oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, diakhiri agenda tour campus mengunjungi Perpustakaan Unikom serta melihat salah satu fasilitas terbaru Unikom yakni Studio Unikom TV dan Unikom Radio yang terletak di Lantai 9 Smart Building Unikom. Adanya kunjungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan wawasan baru kepada para peserta didik dari SMK N 1 Tempel Yogyakarta, sehingga mampu memperluas cakrawala berpikir terkait dunia perguruan tinggi. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019