BERITA

Unikom Kenalkan ‘Repository’ dalam Kunjungan FPPTI Wilayah DKI Jakarta

Sabtu, 18 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah Jawa Barat yang diketuai oleh Hilman Firmansyah, S.IP., M.AP, menghadiri kunjungan kerja FPPTI Wilayah DKI Jakarta di Universitas Komputer Indonesia (Unikom), pada Kamis (16/11). Kunjungan yang diikuti ± 60 anggota FPPTI Wilayah DKI Jakarta serta dihadiri ± 20 pengurus FPPTI Wilayah Jawa Barat, secara langsung disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra,S.E.,M.Si, di dampingi Kepala Perpustakaan Unikom juga sebagai Sekretaris I FPPTI Wilayah Jawa Barat, Ubudiyah Setiawati, S.Sos.

Melalui sambutannya, Umi Narimawati mengungkapkan bahwa perpustakaan adalah salah satu ujung tombak penentu kualitas mahasiswa, sehingga lembaga tersebut berperan besar dalam membangun dan membentuk karakter positif mahasiswa. “…walaupun saat ini mahasiswa mudah memperoleh infomasi dari berbagai media, tetapi tanpa dibina oleh lembaga seperti perpustakaan, mustahil individu tersebut bisa membentuk sebuah karakter yang baik,” ujar Umi. Berkenaan dengan hal tersebut, Unikom pun berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi, salah satunya perpustakaan yang bekerja sama dengan bidang ICT Unikom agar senantiasa meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa, guna melahirkan generasi atau output berkualitas sesuai dengan motto Unikom ‘Quality is Out Tradition’.

Usai penyambutan, agenda dilanjutkan dengan pengarahan terkait ‘Institutional Repository Unikom’ oleh Direktur ICT dan Multimedia, Taryana Suryana, S.T.,M.Kom. Dalam penjelasannya, Taryana menyampaikan bahwa repository Unikom atau dikenal dengan istilah ‘kepositroy’ merupakan kumpulan koleksi digital seperti tesis, skripsi, laporan kerja praktek, jurnal, laporan penelitian, materi kuliah, blog, artikel, berita, foto, dan sebagainya, yang terkumpul dalam satu tempat agar dapat diakses dengan mudah oleh para penggunanya.

“Konsep repository sebagai tempat berbagi ilmu pengetahuan, dimana data penyumbang repository Unikom diperoleh dari beberapa sumber, diantaranya open journal system, GDL Perpustakaan Pusat Unikom, kuliah online, berita, blog, dan sebagainya. Sehinggga, sampai dengan saat ini, tercatat sebanyak lima puluh empat ribu data yang sudah masuk ke repository Unikom terhitung sejak November 2016 hingga saat ini,” jelas Taryana.

Repository sebagai tempat berkumpulnya data dari berbagai server, sangat mendukung kemajuan dan peningkatan peringkat perguruan tinggi versi Webometrics. Sehingga, adanya pengarahan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi anggota FPPTI Wilayah DKI Jakarta maupun pengurus FPPTI Wilayah Jawa Barat untuk mengembangkan repository di perpustakaan perguruan tingginya masing-masing.

Mengakhiri kunjungan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom menyerahkan cinderamata kepada Ketua Umum FPPTI Wilayah DKI Jakarta, Dra Ernalia Subagio, M.M, begitupun sebaliknya. Usai penyerahan cinderamata dan dokumentasi, para peserta kunjungan melakukan tour campus bersama para Pustakawan Unikom ke Perpustakaan yang terletak di Lantai 8 Smart Building Unikom. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia semakin bersinergi untuk menjadikannya sarana yang dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas dan mutu setiap perguruan tinggi.  (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Sumbang 2 Medali Perunggu untuk Jawa Barat
Selasa, 15 Oktober 2019
Informasi Panduan Pembayaran melalui Virtual Account T.A 2019-2020
Selasa, 15 Oktober 2019
Informasi Jadwal Pembayaran Angsuran II Unikom Tahun Ajaran 2019/2020
Selasa, 15 Oktober 2019