BERITA

Unikom Gelar Sosialisasi Pelatihan Pencegahan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran

Jumat, 13 Desember 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM -- Unikom melalui Wakil Rektor III Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom menggelar “Sosialisasi Pelatihan Pencegahan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran” pada Kamis (05/12/2019) di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Sebanyak 47orang berpartisipasi aktif pada kesempatan ini diantaranya Direktur Manajemen Gedung Unikom Ir. Suryatno Wiganepdo, S., M.M., beberapa Ketua Program Studi di Unikom diantarnya Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Dr. Rizki Zulfikar, S.E., M.Si., Ketua Program Studi Manajemen Informatika Irfan Dwiguna Sumitra, M.Kom., Ph.D., Ketua Program Studi Desain Grafis Deni Albar, S.Sn., M.Ds., dan Ketua Program Studi Hukum Dr. Sahat Maruli T. Situmeang, S.H., M.H., para kepala bagian, para cleaning service, dan para security di lingkungan Unikom.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dr. Ir. Herman S, MBA., selaku Wakil Rektor III bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom yang menyampaikan bahwa "Program ini ditujukan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada seluruh bagian di civitas akademika Unikom dimana saat ini yang berkesempatan adalah Bapak/Ibu yang hadir, agar lebih mengetahui bagaimana penanggulangan bencana dan pemadaman kebakaran sehingga nantinya dapat diimplementasikan di Unikom." ujar Herman. Lebih lanjut, Herman berharap bahwa kesempatan ini semoga dapat memberikan manfaat untuk seluruh bagian di lingkungan civitas akademika Universitas Komputer Indonesia.

Pada kesempatan ini, Bidang Pencegahan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung yang diwakilkan oleh Wildan Gumilar S.T., selaku  Tim Penyuluhan Dinas Pedam Kebakaran yang menyampaikan bahwa dalam penanggulangan kebakaran harus mengenal 4 (empat) kelas dalam terjadinya kebakaran, yakni: 1) Kelas A - Bahan Padat Kecuali Logam; 2) Kelas B - Bahan Cair; 3) Kelas C - Listrik Bertegangan; dan 4) Kelas D - Logam. “...dengan mengenal kelas dalam terjadinya kebakaran, maka akan menemukan solusi yang tepat dalam menuntaskan kebakaran tersebut sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran yang besar.” ujar Wildan.

Setelah pemaparan materi, agenda dilanjutkan dengan praktek penanggulangan kebakaran yang langsung dilaksanakan di Basement 3 Smart Building Unikom, dimana para peserta yang hadir dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam berbagai praktek yang dilakukan. Wildan menambahkan, "...melalui kesempatan ini, saya harap para peserta yang hadir hari ini dapat memanfaatkan secara maksimal informasi yang didapatkan hari ini sehingga dapat menangani sedari dini jika terjadi bencana khususnya kebakaran.” tutur Wildan. (Direktorat Hms & Pro)

Hima Teknik Elektro Unikom Melatih Kepemimpinan Anggota Baru Melalui Kegiatan Pengkaderan
Sabtu, 04 April 2020
Wakil Rektor III Unikom Lakukan Koordinasi Kerja Dengan Bidang Terkait Melalui Rapat Online
Jumat, 03 April 2020
Corona dan Lockdown dalam Kacamata Ilmu Pemerintahan | Edducollege | Eddutainment UNIKOM
Jumat, 03 April 2020