BERITA

UNIKOM Berada pada Posisi 38 Top Universitas Di Indonesia Versi UNIRANK

Selasa, 08 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Tak berbeda jauh dengan versi Webometrics, data yang dirilis University Ranking (UniRank) atau sebelumnya dikenal dengan 4 International Colleges & Universities (4ICU), pada Juli 2017 menempatkan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) ke dalam 50 Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia dengan menduduki peringkat ke-38 dari 513 perguruan tinggi di Indonesia yang terdaftar dalam UniRank. Bukan hanya di tingkat nasional, Unikom pun masuk ke dalam 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Barat dan bersanding dengan perguruan tinggi lainnya, yaitu: 1) Universitas Indonesia; 2) Institut Pertanian Bogor; 3) Institut Teknologi Bandung; 4) Universitas Padjadjaran; 5) Universitas Pendidikan Indonesia; 6) Universitas Gunadarma; 7) Universitas Widyatama; 8) Universitas Telkom; 9) Universitas Komputer Indonesia; dan 10) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Seperti dilansir dari www.4icu.org, UniRank adalah direktori pendidikan tinggi internasional yang meninjau universitas dan perguruan tinggi terakreditasi di dunia. UniRank mencakup 13.000 perguruan tinggi dan universitas, yang diurutkan berdasarkan popularitas web di 200 negara. UniRank memberikan perkiraan peringkat non-akademik dari semua pendidikan tinggi tingkat internasional berdasarkan popularitas situs resmi masing-masing institusi.

Menanggapi hal tersebut, Taryana Suryana, S.T., M.Kom selaku Direktur ICT dan Multimedia Unikom menyampaikan bahwa penilaian versi Webometrics yang dimuat dalam Daily News Unikom Edisi 211/UDN/Humas-Unikom/VIII/2017 dilihat dari beberapa indikator terkait jurnal ataupun artikel yang dihasilkan oleh civitas akademika kampus. Sedangkan penialian versi UniRank menitikberatkan pada website atau situs resmi perguruan tinggi, tetapi yang perlu digarisbawahi adalah konten yang terdapat di dalamnya, seberapa besar situs resmi Unikom mampu memberikan manfaat dan informasi bagi khalayak luas.

Dikutip dari Portal Berita Unikom, bahwa perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya masing-masing, memiliki program sarjana dan atau pascasarjana, serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran.

Peringkat universitas non-akademis berbasis web ini telah diterbitkan sejak Mei 2005 dengan menggunakan metodologi yang diatur secara berkala. Komponen peringkat universitas didasarkan pada algoritma dan 5 komponen terpercaya yang independen, serta dari web intelligence yang berbeda dan satu sumber web metric, antara lain: 1) Moz Domain Authority; 2) Alexa Global Rank; 3) SimilarWeb Global Rank; 4) Majestic Mengacu Domain; dan 5) Majestic Trust Flow.

Adanya peringkatan universitas dan perguruan tinggi ini diharapkan bisa memberikan motivasi tersendiri bagi Unikom untuk meningkatkan kualitas web institusi, agar semakin digemari oleh para pengunjungnya baik kalangan Civitas Akademika Unikom maupun masyarakat tanpa mengesampingkan informasi yang disampaikan, karena web merupakan salah satu media informasi dan promosi kampus yang mudah diakses oleh banyak kalangan. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

Kontribusi Dosen Unikom Kembangkan Produk Unggulan Desa di Cibogohilir Purwakarta
Rabu, 19 September 2018
Promo Diskon 50% All Menu Kantin Unikom
Rabu, 19 September 2018
Informasi Lowongan Pekerjaan di Perusahaan PT Nusa Satu Inti Artha (Doku)
Rabu, 19 September 2018

September 2018