BERITA

Tingkatkan Kemampuan Bidang Keprotokolan melalui “KPM Unikom Academy”

Senin, 25 September 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Setelah resmi dilantik pada 15 Juli 2017 lalu, Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom Angkatan 6 yang beranggotakan ± 30 orang mengikuti pelatihan keprotokolan bertajuk “KPM Unikom Academy” dengan mengusung tema ‘One Day to Be a Great Leader’. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (20/9) pukul 09.30 WIB di Ruang L.018 Smart Building Unikom, merupakan agenda rutin KPM Unikom dibawah pembinaan Direktorat Humas dan Protokoler Unikom guna memberikan pemahaman ilmu di bidang keprotokolan dalam rangka regenerasi anggota serta membangun karakter Sumber Daya Manusia (SDM) di KPM Unikom yang berkualitas.

Seperti diungkapkan oleh Theressa Hasiana selaku Ketua Pelaksana, bahwa KPM Unikom adalah organisasi kemahasiswaan yang memiliki tugas dan keterlibatan dalam berbagai kegiatan di Unikom, baik tingkat Yayasan, Universitas, Fakultas, maupun Program Studi. Sehingga pelatihan ini dinilai penting untuk membekali anggota KPM Unikom agar memiliki kesiapan dan kemampuan yang mendukung dalam setiap menjalankan tugasnya. “Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi teman-teman, khususnya anggota KPM Unikom Angkatan 6 karena materi yang disampaikan berkaitan dengan bidang keprotokolan dan informasi tentang Unikom. Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk menggali ilmu dan informasi, karena pelatihan keprotokolan ini pada prinsipnya dari kita dan untuk kita,” ujar Theressa.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si. Melalui sambutannya, beliau mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan keprotokolan dan mengharapkan agar seluruh peserta maupun panitia tidak menyia-nyiakan kesempatan yang baik ini. “Anda tidak bisa bertahan hanya dengan ilmu yang saat ini dimiliki, tetapi Anda harus terus melakukan follow up sebagai bentuk aktualisasi diri. Gali ilmu dari para narsumber, tingkatkan kemampuan interpersonal karena sebagai anggota KPM Anda akan terlibat dalam berbagai kegiatan, bertemu, dan melayani banyak orang dari berbagai lapisan yang heterogen. Sehingga, KPM Unikom harus mampu berkomunikasi dari kalangan apapun, yang pada akhirnya sebagai bagian dari Unikom Anda turut berperan dalam membangun citra Unikom di kalangan publik internal maupun eskternal,” tutur Desayu.

Pelaksanaan pelatihan “KPM Unikom Academy” terbagi menjadi tiga sesi, diawali materi tentang MC dan Public Speaking oleh Helmi Riza Faisal Fatahillah, S.I.Kom, sebagai alumni Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom yang telah berhasil menjadi seorang public speaker dan MC profesional. Beliau memberikan banyak ilmu dan pengalamannya kepada para peserta terkait dengan public speaking serta tips dan trik menjadi seorang MC di kegiatan formal, semi formal, dan informal.

Materi kedua disampaikan oleh Ismyuli Tri Retno, S.I.Kom selaku Staf Bidang Humas Direktorat Humas dan Protokoler Unikom yang menjelaskan sekilas tentang Unikom. Pengetahuan tentang Unikom menjadi hal penting yang perlu diketahui mahasiswa khususnya KPM Unikom sebagai icon kampus, dimana mereka turut berperan aktif dalam memberikan informasi tentang Unikom guna membangun kesan positif di masyarakat.

Selanjutnya, materi terakhir tentang Interpersonal Skill dan Keprotokolan disampaikan oleh Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si. Dalam kesempatan tersebut, beliau turut menjelaskan sejarah dan undang-undang keprotokolan di Indonesia, berbagai pengalaman keprotokolan di Unikom, serta keterampilan dalam menjalin hubungan dengan orang lain baik secara verbal maupun non verbal. Menutup kegiatan tersebut, agenda dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para pembicara dan sesi foto bersama di Lobby Smart Building Unikom guna dokumentasi.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi KPM Unikom Angkatan 6 secara khusus, dan seluruh anggota KPM Unikom secara umum. Sehingga KPM Unikom menjadi organisasi kemahasiswaan yang berkualitas dengan anggota yang siap pakai dari sisi kompetensi, manajerial, perilaku, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Ujian Saringan Masuk (USM) Unikom Tahun Akademik 2018/2019 Masuki Gelombang Ke-2
Selasa, 17 Juli 2018
Informasi Kebutuhan Karyawan PT.Unikom Kreasi Media
Senin, 16 Juli 2018
Mahasiswa Unikom Wakili Kota Bandung Dalam Gelaran Sarasehan Nasional SETJEN WANTANNAS Di Jakarta
Senin, 16 Juli 2018

Agustus 2018