Berita

Terpilih Menjadi Narasumber, Unikom Turut Aktif dalam Webinar Sharing Session Kemdikbud RI

BANDUNG, UNIKOM – Di tengah pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) tak menyurutkan beragam program kerja setiap institusi untuk tertahan. Buktinya, beragam program diskusi, sharing session, seminar tetap diselenggarakan meski digelar secara online. Salah satunya Webinar Sharing Session bertajuk “Kompetensi Kejuruan pada Worldskills Competition (WSC) bersama Expert dan Competitor”, dimana Unikom melalui Divisi IT Operational & Network Education terpilih menjadi salah satu narasumber dalam kesempatan tersebut.

Mengenai Webinar Sharing Session, ialah seminar melalui video conference Cisco Webex terkait bidang IT Network Systems Administration kepada siswa siswi SMK seluruh Indonesia yang digagas oleh Direktorat PSMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sharing session ini terkait dengan gambaran skills dalam keilmuan dan prakteknya. Selain dari itu, sharing ini termasuk juga wadah untuk sharing pengalaman mengikuti World Skills Competition utamanya World Skills 2019 di Kazan Russia Bidang IT Network Systems Administration. Kegiatan ini merupakan program kegiatan yang dilakukan sebagai pengayaan ditengah wabah COVID-19 kepada siswa-siswa di Indonesia dalam melakukan study from home, dimana diikuti oleh sebanyak 840 peserta yakni siswa-siswi SMK dari berbagai daerah di Indonesia, guru-guru dan dinas terkait.

Digelar pada Senin-Jumat, 20-24 April 2020 pukul 13.00 – 14.30 WIB, secara bergantian kegiatan tersebut menghadirkan para narasumber lain yang ahli dalam bidangnya diantaranya Nathanael Suryadi (Fashion Technology), Muhammad Tawakkal (Mechatronic), Mahefud Ismail (Industrial Control), dan Robiatul Adawiyah (Restaurant Service). Berkesempatan memberikan pemaparan materi pada Selasa, 21 April 2020, Angga Friyanto, S.Kom., M.T., selaku Ketua Divisi IT Operational & Network Education Unikom menyampaikan bahwa pertimbangan undangannya sebagai narasumber adalah karena keterlibatan dan memiliki pengalaman di WorldSkills 2019 Kazan, Russia.

Adapun materi yang disampaikan oleh Angga diantaranya: 1) Program Keahlian yang sesuai dengan bidang IT Network Systems Administration adalah Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) serta Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) pada jenjang SMK, 2) WorldSkills Competition merupakan kompetisi tingkat Dunia yang dilakukan 2 (dua) tahun sekali yang melombakan berbagai bidang termasuk IT Network pada kategori Teknologi Informasi, 3) Pada WSC 2019 di Kazan, Bidang IT Network mendapatkan medali Perak, yang mana antangan untuk WSC 2021 di Shanghai adalah untuk meningkatkannya, dan 4) Tantangan kedepan adalah meningkatkan kompetensi network engineer yang harus siap merespon transformasi digital disemua bidang.

Melalui kesemepatan tersebut, Angga Friyanto, S.Kom., M.T., berharap “Melalui sharing session tersebut diharapkan dapat membawa nama UNIKOM lebih dikenal prestasinya sekaligus sebagai tempat Training IT Network Systems Administration untuk World Skills Competition sejak tahun 2018. Selain itu, harapan besar bahwa kesempatan tersebut dapat membuat minat siswa-siswi SMK untuk meningkatkan kemampuan dibidang IT Network agar siap mengikuti kompetisi tingkat dunia lainnya.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)