BERITA

Tax Center Unikom dan DJP Kanwil Jabar I Sosialisasikan Pengisian SPT Tahunan Melalui E-Filling

Sabtu, 22 Februari 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Tax Center Unikom menggelar kegiatan “Sosialisasi Laporan SPT Tahunan Berbasis E-Filling” pada Jumat (14/02/2020) di Auditorium Miracle Kampus I Unikom. Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh perwakilan Direktorat Jenderal Pajak Kanwil DJP Jawa Barat I dan turut dihadiri oleh Ketua Tax Center Unikom Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., Wakil Ketua Tax Center Unikom Dr. Siti Kurnia Rahayu, S.E., M.Ak., Ak. CA., Bendahara Tax Center Dr. Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA., Staf Tax Center Unikom Puji Astuti, S.E., serta sebanyak ±50 orang dosen dan karyawan Unikom.

Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., melalui sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Direktoral Jenderal Pajak Jawa Barat untuk memberikan wawasan dan pengalamannya terkait pengoperasian e-filling. “Setelah kegiatan ini Bapak/Ibu dosen ataupun karyawan Unikom sudah tidak perlu berkunjung ke Tax Center Unikom dalam pengisian SPT karena sudah dapat diakses masing-masing melalui E-Filling tersebut. Lalu, sebagai informasi bahwa keberadaan Tax Center Unikom tidaklah hanya mengelola atau memfasilitasi bayaran pajak, namun juga mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan pajak seperti sosialisasi ataupun mengikutsertakan mahasiswa dalam lomba perpajakan.” ujarnya.

Sintayawati Wisnigraha selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I menuturkan “Secara real, Tax Center di Unikom sudah berjalan dengan baik, artinya dapat dikatakan sebagai duta pajak atau pusat informasi mengenai pajak di lingkungan kampus Unikom. Dalam Undang-Undang KUP pasal 3, bahwa masyarakat Indonesia yang sudah memiliki NPWP wajib untuk membayar dan melaporkan pajak, karena dari penghasilan yang kita peroleh itu ada dua macam yaitu dikonsumsi sampai habis atau masih ada sisa, dimana hal inilah yang disimpan menjadi aset. Maka, beragam proses tersebut dapat dituangkan serta dilaporkan di SPT tahunan kita semua. Karena sistem baru DJP yaitu menggunakan E-Filling, maka diharapkan materi yang disampaikan dapat memberikan informasi dan arahan terkait pengisiannya serta melalui kegiatan ini dapat membuka kerjasama lainnya antara Unikom dan DJP Jawa Barat I.” tuturnya.

Memasuki agenda inti kegiatan yakni pemaparan materi yang disampaikan oleh Gigeh Hari Prastowo selaku Pelaksana Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi DJP Jawa Barat I yang menyampaikan tema bertajuk “Lapor SPT Tahunan lebih Mudah, Cepat dan Aman dengan e-filling”. Melalui kesempatan tersebut, sebagai dasar materi Gigeh menjelaskan e-filling yang merupakan cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet DJP di website www.djponline.pajak.go.id atau ASP (Application Server Provider/ Penyedia Jasa Aplikasi). Lebih lanjut, Gigeh memaparkan mengenai langkah-langkah pengisian SPT secara bertahap yang dilanjutkan dengan sesi diskusi, penyerahan cinderamata dan foto bersama. (Direktorat Hms & Pro)

Corona dan Lockdown dalam Kacamata Ilmu Pemerintahan | Edducollege | Eddutainment UNIKOM
Jumat, 03 April 2020
Informasi Perpanjangan waktu Pembayaran Angsuran IV Semester Genap 2019/2020 dan Jadwal Pembayaran Tahap I
Jumat, 03 April 2020
Upaya untuk Tetap Produktif Saat Work from Home
Kamis, 02 April 2020