BERITA

Sumber Daya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0 jadi Topik Utama pada “The First ICOSS 2019” di Unikom

Selasa, 27 Agustus 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menjadi tempat penyelenggaraan The First International Conference on Social Sciences (ICoSS) 2019 yang digagas oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda dan Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom, STIA LPPN Padang, Universitas Pasundan, dan Universitas Al-Ghifari. Seminar internasional dengan tema “Human Capital in Facing New Paradigm of Industrial Revolution 4.0”, diikuti lebih dari 100 peserta kalangan akademisi maupun praktisi yang hadir dari dalam negeri dan luar negeri diantaranya Malaysia dan Turki.

Berlangsung di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, gelaran ini diawali sambutan oleh Dr. Dina, M.Si, selaku The Conference Chair of ICoSS 2019. Menurutnya, fenomena Revolusi Industri atau dikenal dengan istilah RI 4.0 yang terjadi saat ini, sejatinya telah membawa perubahan pada sejumlah tatanan kehidupan dan akan menjadi sebuah dilema jika Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia tidak diimbangi kesiapan khususnya kompetensi untuk menghadapi kondisi tersebut. Atas dasar itulah, kegiatan ini digelar untuk bersama-sama menjawab tantangan RI 4.0 dan mendorong peningkatan kualitas SDM khususnya di Indonesia.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom, Dr, Ir. Herman S. Soegoto, MBA yang memberikan sambutan mewakili Rektor Unikom. Menurut Herman, kegiatan ini dapat menghasilkan peluang terkait paradigma baru untuk peningkatan kualitas SDM di Indonesia seiring dengan hadirnya RI 4.0. “…semoga dalam kesempatan dapat memperoleh banyak ide dan wawasan baru, serta terima kasih untuk seluruh pihak yang telah merancang kegiatan ini dengan baik,” tuturnya.

Secara resmi The 1st ICoSS 2019 dibuka oleh Board Advisor of ICMI Muda, Prod. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, S.H.,M.Hum, sekaligus sebagai keynote speech. Selain Aidul, turut hadir keynote speech lainnya yakni Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd.,M.A, Direktur Karir dan Kompetensi SDM Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang menyampaikan materi tentang “Industrial Revolution 4.0 and Human Resources Development in Higher Education”.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, Guru Besar Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, Dewan Kehormatan Etika Universitas, Prof. Dr. Hj. Ria Ratna Ariawati, S.E.,MS.Ak., serta jajaran Wakil Rektor, dan Dekan di lingkungan Unikom. Memasuki agenda Plennary Session dipandu oleh Moderator, Andias Darmayadi, S.IP.,M.Si, Ph.D, selaku Direktur Kemahasiswaan sekaligus Dosen Program Studi IHI Unikom.

 Plennary Session menghadirkan para keynote speaker dari berbagai negara, antara lain: 1) Prof. Dr. Ir. A.R. Adjie Hoesodo (Rector of Global Profeneur University of Singapura); 2) Prof. Dr. Jamaliah Said (UiTM Malaysia- Deputy Director Research and Networking Acounting Research Institute (ARI); 3) Prof. Dr. Su Dinh Thanh (Lecturer in Public Finance, University of Economics Ho Chi Minh City (UEH), Vietnam and Editor –in-chief of Journal of Asian Business and Economics Studies (JABES) published by Emerald Insight); dan 4) Prof. Dr. Felina Young (Philippine Woman University- International Master  Trainer in International Business of The UNCTAD/WTO, International Trade Center).

Usai berlangsung pemaparan materi dan sesi tanya jawab bersama para keynote speaker agenda The 1st ICoSS 2019 berlanjut pada parallel session yang digelar di beberapa ruangan Lantai 9 Smart Building Unikom. Kesempatan tersebut merupakan ajang bagi para peserta untuk mempresentasikan karya ilmiah di hadapan para peserta lainnya dimana karya ilmiah tersebut nantinya akan diterbitkan dalam ICMI Muda Proceedings atau Jurnal Internasional ICMI Muda dan ISBN Online. (Direktorat Hms & Pro)

 

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019
Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019