BERITA

Study Tour 2017, Sarana Prodi Teknik Informatika Unikom Kembangkan Wawasan Akademik Mahasiswa

Selasa, 12 Desember 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 91 mahasiswa aktif Program Studi Teknik Informatika (IF) Unikom dari berbagai semester mengikuti kegiatan “Study Tour 2017” dengan mengunjungi berbagai destinasi, diantaranya: 1) Perusahaan (Microsoft dan Blibli.com); 2) Perguruan Tinggi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta); dan 3) Tempat Wisata (Candi Borobudur, Pantai Indrayanti, Goa Pindul dan Sungai Oya). Tour selama tiga hari yang digelar pada 4-6 Desember 2017 merupakan implementasi program kerja Divisi Kesejahteraan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) Unikom sebagai sarana pengembangan wawasan akademik berupa pertukaran informasi, pengembangan pola pikir, daya nalar, dan kreativitas mahasiswa.

“Kegiatan ini menjadi sistem pengujian untuk mengetahui perkembangan konsentrasi keilmuan Prodi IF Unikom, melalui inovasi akademik yang bisa menjadi kekuatan besar untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa,” ujar Sherly Amanda selaku Ketua Pelaksana. Mengusung tema “Expand Your Insight and Refresh Your Experience”, kegiatan tersebut juga mendapatkan pendampingan Dosen Prodi IF Unikom, antara lain Alif Finandhita, S.Kom., M.T dan Hanhan Maulana, S.Kom., M.Kom.

Ragam destinasi yang dikunjungi menjadi salah satu keunggulan, karena para peserta terlibat secara langsung dalam melihat pengembangan software, melalui kuliah umum, diskusi dan pengenalan teknologi terbaru. Sehingga mampu menambah wawasan mereka pada berbagai perspektif industri maupun akademik, terutama pada aspek sisi budaya perusahaan, work space, kegiatan, hingga produk yang telah dibuat oleh pihak perusahaan. Lebih luas dari itu, bisa membangun link and match yang dapat membantu terciptanya kerja sama antar universitas maupun perusahaan di masa yang akan datang.

“Kunjungan kami ke beberapa tempat baik perusahaan maupun perguruan tinggi, telah menginspirasi bagaimana menjadi mahasiswa yang lebih kreatif dan inovatif. Banyak kesan baru, dimana kami menyaksikan secara langsung seperti apa kreativitas yang ada pada perusahaan dan kedua kampus tersebut. Bahkan pada saat sesi sharing session, kami memanfaatkannya untuk bertukar pikiran bukan hanya mengenai Prodi, tetapi juga Himpunan yang ada di STMIK AMIKOM dan UII,” tambah Sherly.

Selain memperluas wawasan mahasiswa, Study Tour 2017 dimaknai sebagai ajang hiburan dan rekreasi melepas rasa jenuh mahasiswa selama menjalani aktivitas perkuliahan. Sehingga, adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu dalam pemenuhan sarana dan prasarana sebagai penunjang aktivitas pembelajaran serta mengetahui perkembangan teknologi dan memperluas khazanah pengetahuan, terutama terkait disiplin ilmu yang diajarkan di Program Studi Teknik Informatika. (Direktorat Hms & Pro)

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019