BERITA

Studi Banding LP3I Computer Club (LCC) Cilegon di Unikom

Sabtu, 23 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Univesitas Komputer Indonesia (Unikom) menyambut baik kunjungan LP3I Computer Club (LCC) Cilegon dalam rangka studi banding pada Sabtu (16/2/2019) di Ruang L.018 Smart Building Unikom. Kunjungan dihadiri oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T., Pembina LP3I Computer Club (LCC) Cilegon M. Syamsul, S.Kom., serta 59 mahasiswa LP3I Cilegon.

Melalui sambutan pembuka, Direktur Humas dan Protokoler Unikom menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa terima kasih kepada LP3I Computer Club (LCC) Cilegon karena telah memilih Unikom sebagai salah satu tempat yang dituju di Kota Bandung. Desayu memaparkan pengenalan sekilas tentang Unikom yang memiliki keunikan jika dibandingkan perguruan tinggi lainnya, karena baik mahasiswa ataupun Sumber Daya Manusia (SDM) di Unikom harus dapat memiliki keahlian komputer dan teknologi.

Rektor Unikom mewajibkan seluruh mahasiswa di Unikom dibekali mata kuliah komputer aplikasi dari semester satu hingga semester tujuh. “Selain komputer aplikasi, mahasiswa dibekali mata kuliah hardware, animasi dan entrepreneurship. Rektor kami pun selalu memberikan pelatihan rutin baik kepada staf maupun dosen di lingkungan Unikom. Hal ini dilakukan agar menciptakan SDM yang semakin berkembang dan berpotensi,” ujar Desayu..

Sementara itu, M. Syamsul menyambut baik kesempatan yang diberikan Unikom melalui penerimaan kunjungan ini. “LCC merupakan UKM komputer yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai jurusan di LP3I. Sambutan yang diberikan Unikom sangat luar biasa bagi kami, ini merupakan kali ketiga kami melakukan studi banding di Bandung. Alhamdulillah, tahun ini kami berkesempatan untuk berkunjung ke Unikom,” Ucap Syamsul. Beliau berharap dengan studi banding di Unikom, para mahasiswanya dapat termotivasi untuk dapat berkembang melalui LP3I Computer Club ini.

Memasuki agenda inti diisi pemaparan oleh Direktur PSTI Unikom, pihaknya memperkenalkan Direktorat PTSI sebagai bagian baru dalam struktural Unikom yang menahkodai 5 divisi di Unikom, yaitu Academic Resource & Data Centre, IT Infrastructure & Labkom, IT Operational & Network Education, Divisi Codelabs dan Divisi ERG (Embedded Research Group).

Lebih lanjut, Adam menceritakan awal perjalanannya bersama Divisi CodeLabs hingga berhasil menjuarai kompetisi tingkat internasional. Kisah perjalanan tersebut dijadikan sebagai acuan untuk memotivasi para mahasiswa LP3I Computer Club (LCC) Cilegon untuk menjadikan kampus sebagai “rumah”, dimana kampus dapat dijadikan tempat terbaik untuk melakukan riset. “Mulailah dari riset sederhana saja, jika anda ingin menjadi atlet IT yang berprestasi. Cintai riset karena riset itu proses.” Ucap Adam. Menutup sesi pengarahan, Adam memberikan tes kepada mahasiswa untuk melatih kemampuan dengan mengajukan pertanyaan mengenai algoritma pencarian sebagai ilmu dasar komputer.

Usai pemaparan, agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, penyerahan cindramata dan foto bersama guna dokumentasi. Menutup rangkaian kegiatan kunjungan, dilanjutkan dengan agenda tour campus ke Perpustakaan Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan IT: PT. Webgis Indonesia
Rabu, 17 Juli 2019