BERITA

Sosok Kakek ‘Penggila Kebersihan’ Antarkan Mahasiswa UNIKOM Raih Gelar Juara

Kamis, 19 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (IK) Unikom, Faqih Mauludin, berhasil meraih gelar Juara I Kategori Citizen Journalism pada ajang Communication Festival Universitas Multimedia Nusantara (UMN) "COMNIPHORE". Kompetisi yang berlangsung selama lima hari sejak 9-13 Oktober 2017 di Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, membuka lima kategori perlombaan, antara lain: 1) Citizen Journalism; 2) News Anchor; 3) Marketing Public Relations (MPR); 4) Opinion Writing; dan 5) English Debate (khusus SMA).

Melalui karyanya berjudul ‘Kegigihan Kakek Penggila Kebersihan’, Faqih berhasil mengungguli 15 peserta lainnya dari berbagai fakultas dan perguruan tinggi di Indonesia. Dalam karya tersebut, Faqih mengangkat sosok Sariban. Pria paruh baya yang kerap disapa Kakek Iban, sering dianggap ‘gila’ dalam bekerja karena lebih dari 30 tahun menjadi relawan lingkungan. Sehari-harinya, Kakek Iban menyusuri Kota Bandung dengan kendaraan khasnya yakni sepeda tua, lengkap dengan kampanye cinta lingkungan dan peralatan sederhana, untuk memungut setiap sampah yang beliau temui di sepanjang perjalanannya serta mengingatkan orang di sekitarnya agar tidak membuang sampah sembarangan. Tujuannya sangatlah mulia, Kakek Iban hanya ingin kotanya bersih dan terhindar dari banjir. “…saya sangat kagum dengan sosok Pak Sariban. Meskipun usianya tidak lagi muda, beliau tetap semangat peduli terhadap lingkungan di Kota Bandung secara sukarela tanpa mengharap imbalan sepeser pun,” ujar Faqih.

Sebagai pemenang kompetisi, selain meraih penghargaan yang diberikan saat malam penghargaan di Summarecon Mall Serpong (14/10), video TOP 3 termasuk salah satunya karya Faqih pun ditayangkan di Program NET 10 pada 9-11 Oktober 2017. “Saya berharap, masyarakat yang menonton video saya, bisa sadar akan pentingnya peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Bukan hanya membuang sampah pada tempatnya, melainkan juga saling mengingatkan sesama agar tercipta lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman,” tambah Faqih.

Selain Faqih, terdapat 6 Mahasiswa IK Unikom lainnya yang berpartisipasi dan unjuk kemampuan pada beberapa kategori lomba Communication Festival UMN dan lahir sebagai finalis, diantaranya: 1) Ade Hafidz dan Alpin Hamjah (News Anchor); 2) Agung Cahniago, M. Arif Malik, dan Yusi Aysha (Marketing Public Relations); serta 3) Asti Adinda Nova (Kategori Opinion Writing). Menurut Faqih kompetisi kali pertama yang diikutinya dalam ajang tersebut, dengan pencapaian luar biasa yang diraihnya saat ini, diharapkan bisa menambah semangat dan motivasi diri secara pribadi dan motivasi mahasiswa lainnya secara umum untuk semakin giat mencari banyak ilmu dan menciptakan karya-karya menarik, bermanfaat, dan menginspirasi banyak orang. (Direktorat Hms & Pro)

 

Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019
Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019