Berita

Seminar Nasional HIMA Akuntansi UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Seorang mahasiswa layaknya perlu mengetahui keadaan ekonomi negara dalam masa pandemi COVID-19, dimana mempengaruhi sektor-sektor penerimaan negara, seperti kebijakan perpajakan baru yang dibuat pemerintah, bagaimana kemungkinan kecurangan yang terjadi dalam perpajakan, pengaplikasian peraturan relaksasi pinjaman kredit terhadap nasabah, dan resiko yang di hadapi bank akibat pandemi COVID-19. Tentu sebagai calon penerus bangsa harus peka terhadap apa yang sedang dihadapi negara Indonesia saat ini.

Bertolak dari gagasan tersebut, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMAk) Unikom menggelar Seminar Nasional Akuntansi 2020 dengan tema "Penerimaan Negara Dimasa Pandemi COVID-19 Ditinjau dari Sektor Perpajakan dan Perbankan". Kegiatan tersebut digelar secara online melalui Zoom dan Live Youtube HMAk Unikom pada Sabtu, 17 Oktober 2020. Sebanyak 600 orang yakni mahasiswa Unikom dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia serta masyarakat umum, turut serta sebagai peserta dalam kesempatan tersebut.

Menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya yakni dari lingkup praktisi, kegiatan tersebut mengundang animo yang luar biasa dari para peserta. Dipandu oleh moderator Dr. Surtikanti, S.E., M.Si., Ak., CA., selaku Dosen Program Studi Akuntansi Unikom, agenda inti kegiatan tersebut berhasil menghadirkan pembicara diantaranya Dr. H. Vitra Yozi Chaniago S.E., M.,Si Ak., CA sebagai Praktisi Perpajakan, serta Dr. Iman sidik nusannas, SS., ME selaku praktisi perbankan.

Raihan Muhammad Azbi selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut ialah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baik bagi para mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai keadaan sektor perpajakan dan perbankan di masa pandemi COVID-19. “Harapannya semoga seluruh peserta seminar dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dari materi yang sudah disampaikan oleh para pembicara yang ahli pada bidangnya masing-masing dan saya berharap ditahun yang akan datang pelaksanaan seminar nasional dapat diselenggarakan secara offline, serta pelaksanaanya dapat berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.“ ujarnya.

Suksesnya kegiatan tersebut tak luput dari dukungan beragam pihak baik di lingkungan internal maupun eskternal Unikom diantaranya Unikom Official, Info Unikom, BEM Unikom, Pers Birama Unikom, Event ruang mahasiswa, Webinar indo, Event mahasiswa, Event campus , Info event, Kampus media dan Event Bandung. Mengakhiri kegiatan, para peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab diberikan doorprize bagi 3 (tiga) orang penanya terbaik. (Direktorat Hms & Pro)