BERITA

Seminar Nasional dan Pameran Teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Unikom

Sabtu, 12 Oktober 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Unikom sukses menggelar Seminar Nasional bertajuk “Cyber Security Solution for Succsessful IoT Development” di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Rabu (9/10/2019). Lebih dari 200 peserta ambil bagian untuk menggali wawasan seiring perkembangan Internet of Things (IoT) yang dapat memberikan banyak manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Sistem Komputer, Usep Mohammad Ishaq, Ph.D, Ketua Program Studi Teknik Komputer, Dr. Wendi Zarman, M.Si, serta para dosen di lingkungan program studi tersebut, secara resmi dibuka oleh Perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Purnomo Yustianto, S.T., M.T., Ph. D, yang hadir mewakili Gubernur Jawa Barat. Menurutnya, elemen masyarakat saat ini sudah bergantung pada aspek teknologi informasi yang sejatinya harus dicermati karena kebergantungan tersebut bisa memunculkan dampak positif dan negatif.

Lebih lanjut Purnomo menyampaikan apresiasinya pada kegiatan ini karena menjadi sarana untuk eksplorasi teknologi dari berbagai sisi. “…kami berharap dari kegiatan ini peran mahasiswa semakin aktif untuk melakukan diseminasi informasi khususnya mengenai teknologi supaya masyarakat pun mempunyai pemahaman yang lebih terkait penggunaan teknologi, selain itu eksplorasi teknologi yang digali sejak dini akan menjadi bekal ketika mengarungi dunia kerja dan jangan terhenti pada kegiatan ini saja,” jelasnya.

Menurut Ketua Pelaksana Sdri. Silvi Pratiwi, gelaran ini diperuntukan khususnya bagi generasi muda agar lebih memahami cara menjaga keamanan data, menilik ancamannya, dan menghasilkan IoT yang lebih berkembang melalui sharing ilmu bersama para pembicara handal di bidangnya. Sebut saja, Dr. Onno W. Purbo sebagai Pakar Teknologi Informasi Indonesia dan Widi Linggih Jaelani, S.Kom., M.T yang merupakan alumni Program Studi Teknik Informatika Unikom Tahun 2013 dan sebagai Dosen Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Direktur Kemahasiswaan Unikom, Andrias Darmayadi, Ph.D yang hadir dalam kesempatan tersebut, menilai seminar nasional ini sangat sayang jika disia-siakan begitu saja karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari para pembicara kompeten. Harapannya, peserta semakin terluaskan cakrawala berpikir mereka sehingga memberikan keuntungan baik secara individu maupun institusi.

Usai gelaran seminar nasional, masih dalam rangkaian kegiatannya juga berlangsung pameran teknologi di Pelataran Kampus I Unikom. Pameran ini menampilkan karya-karya mahasiswa dari sejumlah divisi, antara lain: 1) Divisi Robotika; 2) Divisi Roket; 3) Divisi Animasi dan Multimedia; 4) Divisi ERG; dan 5) Divisi Codelabs. Selain pameran juga digelar “Turnamen PES” untuk 32 tim dan iringan live music yang semakin memeriahkan kegiatan Seminar Nasional dan Pameran Teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Hasil Ujian Saringan Masuk Unikom Gelombang I Tahun Ajaran 2020/2021
Sabtu, 28 Maret 2020
Upaya UKM Glosarium dalam Melatih Sikap Kepemimpinan Anggota
Sabtu, 28 Maret 2020
Solusi Kuliah Jarak Jauh
Jumat, 27 Maret 2020