BERITA

Seminar Nasional dan Pameran Teknologi: Hadapi Revolusi Industri 4.0

Senin, 22 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Mengapresiasi beragam karya ternyata bisa direalisasikan dengan banyak cara, salah satunya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HTK) Unikom melalui “Seminar Nasional dan Pameran Teknologi” yang memajang ± 7 karya dari tangan-tangan kreatif sejumlah alumni Prodi Teknik Komputer Unikom untuk diperkenalkan kepada khalayak luas. Kolaborasi antara seminar dan pameran yang berlangsung di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Senin (15/10/2018), merupakan kegiatan kali pertama dari HTK Unikom yang dihadiri lebih dari 200 peserta.

“…kami ingin lebih show up dengan mengemas kegiatan semenarik mungkin, apalagi seminar nasional sebelumnya sempat vakum hampir dua tahun, dan kali ini kami adakan kembali dengan harapan bisa menjadi awal yang baik untuk menjadikan agenda rutin setiap tahunnya,” ujar Yudhistira selaku Penanggung Jawab sekaligus Ketua HTK Unikom. Menyinggung tentang Pameran Teknologi, Yudhistira menjelaskan bahwa pihaknya ingin memberikan apresiasi positif pada karya-karya mahasiswa yang telah lulus (alumni), memperkenalkan lebih dekat kepada publik bahwa karya tersebut amatlah inovatif, dan secara tidak langsung turut memperkenalkan Prodi Teknik Komputer itu sendiri. Beberapa karya tersebut diantaranya, alat pembuat gula merah otomatis, aplikasi pendeteksi keberadaan hewan peliharaan, alat pemotong kain otomatis dan sebagainya.

Sementara itu, seminar nasional yang mengusung tema "Big Data & Internet of Things" menghadirkan pembicara kompeten di bidangnya yakni Dr. Andry Alamsyah,S.Si.,M.Sc (Researcher at Lab. Social Computing and Big Data Telkom University) dan Sdri. Claudia Veronica Blandine (PR Representative of Daycodex). Seminar ini turut memberikan motivasi kepada peserta agar lebih mengeskplor kemampuan akademik maupun non akademik guna menghasilkan inovasi nyata dalam era revolusi industri ini.

Gelaran ini mendapat apresiasi dan dukungan positif dari Ketua Program Studi Teknik Komputer, Dr. Wendi Zarman, M.Si, karena menurutnya tema yang diusung tengah ramai diperbincangkan terutama di kalangan perguruan tinggi. “Ini menjadi upaya bagus yang dilakukan oleh Hima Teknik Komputer karena kedepannya IoT akan menjadi sesuatu yang sangat berkembang dan menjadi pengetahuan penting bagi mahasiswa utamanya mereka yang berkecimpung di dunia teknologi komputer,” ucapnya. Wendi tidak memungkiri bahwa ilmu pengetahuan tidak semata-mata hanya diperoleh di bangku kuliah saja, tetapi kegiatan seperti inilah yang bisa menambah dan melengkapi wawasan mahasiswa.

Suksesnya kegiatan Seminar Nasional dan Pameran Teknologi” tidak terlepas dari kerja sama yang berhasil dibangun antara HTK Unikom, Ikatan Alumni Teknik Komputer dan Prodi Teknik Komputer itu sendiri. “Semoga ketika memasuki era revolusi industri 4.0 disaat semua bisa dikerjakan dengan alat, mahasiswa bisa mengikuti perembangan tersebut, berkecimpung di dalamnya dan dan menghaislkan inovsi baru dan teknologi terbaru, pungkas Yudhistira. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan IT: PT. Webgis Indonesia
Rabu, 17 Juli 2019