BERITA

Seminar Kriptografi: Menilik Ilmu Kerahasiaan Data

Jumat, 28 Desember 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Unikom bekerja sama dengan Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer yang mengampu mata kuliah Kriptografi, sukses mengadakan Seminar Kriptografi dengan tema “Hubungan Antara Kriptografi dan Ilmu Pengetahuan Lainnya”. Seminar ini digadang sebagai tugas akhir dari mata kuliah terkait yang diajarkan oleh Hidayat, S.T.,M.T dan menjadi kegiatan kali pertama yang berlangsung di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Kamis (20/12/2018).

Menurut Fitrah Arsalan, Ketua Pelaksana, kriptografi sendiri merupakan mata kuliah pilihan yang dipelajari mahasiswa Prodi Teknik Komputer semester 7. Kriptografi menjadi ilmu dan seni yang mempelajari kerahasiaan data, karenanya sejumlah narasumber kompeten hadir dalam kegiatan ini, yaitu: 1) Dr. Ir. Rinaldi Munir, M.T (Institut Teknologi Bandung) dan 2) Andy Prakoso (Toko Crypto).

Melalui pemaparannya di hadapan ± 180 peserta, Rinaldi memperkenalkan sejarah kriptografi dan algoritma kriptografi yang berfungsi mencapai tujuan keilmuan tersebut. Sementara Andy lebih memaparkan tentang uang digital atau dikenal dengan istilah bitcoin yang berasal dari kriptografi. Meski legalitas bitcoin di Indonesia belum memiliki kejelasan, namun diyakini hal tersebut dapat terus berkembang.

Terselenggaranya seminar kriptografi diharapkan semakin membuka wawasan mahasiswa dalam mepelajari ilmu kerahasiaan data yang saat ini semakin dibutuhkan oleh berbagai industri, baik negeri, swasta, maupun pemerintahan. (Direktorat Hms & Pro)

Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019
Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019