BERITA

Seminar Internasional Icobest 2019, Wujudkan Kolaborasi antara Inovasi dan Kreativitas

Jumat, 22 November 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) untuk kedua kalinya sukses mengadakan seminar internasional bertajuk The 2nd International Conference on Business, Economic, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) yang ditujukan bagi para akademisi dan praktisi di lingkungan non teknik. Opening ceremony ICOBEST 2019 dengan tema “Innovation Meets Creativity, The Roadmap to Success” secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs., M.A di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan yang dimotori oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom bersama Tim International Confeence Unikom, menjadi sarana untuk membahas hasil penelitian dan pengalaman di bidang bisnis, ekonomi, ilmu sosial, dan humaniora, yang diikuti lebih dari 110 peserta dari dalam dan luar negeri. Menurut Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si, selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom juga Ketua Pelaksana ICOBEST 2019, bahwa peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan dosen saja, melainkan juga mahasiswa khususnya mahasiswa pascasarjana Unikom. “…beruntungnya Rektor Unikom selalu memberikan support kepada dosen dan mahasiswa sebagai peserta, maupun kepada kami sebagai panitia,” jelas Poni. 

Menariknya keynote speaker yang dihadirkan selalu berbeda setiap tahun dimana para keynote speaker tersebut memiliki reputasi internasional. Sebut saja diantaranya, 1) Prof. Park Jihyun (Youngsan University, South Korea); 2) PD. Dr. Andreas Ufen (German Institute of Global and Area Studies Institute of Asian Studies); 3) Ryo Takahashi, Ph.D (Sendai University Japan); dan 4) Dr. Raeny Dwi Santy, S.E., M.Si (Universitas Komputer Indonesia), yang mengisi plennary session dipandu oleh Tatan Tawami, S.S.,M.Hum (Dosen Program Studi Sastra Inggris Unikom) sebagai moderator.

ICOBEST 2019 mencakup sembilan scope dengan lebih dari lima puluh sub scope, diantaranya: 1) Kewirausahaan; 2) Ilmu Pemerintahan; 3) Hubungan Internasional; 4) Ilmu Komunikasi; 5) Manajemen; 6) Akuntansi; 7) Hukum; 8) Digital Humaniora; 9) Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior. Masing-masing peserta sebagai presenter diberi kesempatan untuk mempresentasikan paper pada sesi parallel session yang berlangsung di hari yang sama usai gelaran opening ceremony, bertempat di beberapa ruangan Lantai 12 Smart Building Unikom.

Selanjutnya output dari ICOBEST 2019 adalah paper yang telah dipresentasikan dan dilakukan pemeriksaan oleh para reviewer ahli di bidangnya, akan diterbitkan pada publisher terindeks CPCI/Thomson Reuters yakni Atlantis Press yang berbasis di Perancis. “Kegiatan ini cukup bergengsi karena outputnya adalah prosiding internasional, mengingat hal ini bukanlah satu pekerjaan mudah maka kami sangat berterima kasih atas peran serta para penulis maupun reviewer, dengan target semua paper bisa terpublikasi di Atlantis Press,” tambah Poni.

Ajang seminar internasional menjadi kesempatan baik sebagai sarana diskusi penelitian antar disiplin ilmu yang membuka peluang besar dalam memperluas jaringan dan kolaborasi penelitian guna melahirkan solusi bersama. Bahkan pengaruh positifnya begitu besar, khususnya ketika dosen Unikom aktif mengikuti kegiatan seminar internasional maka nilai publikasi ilmiah di Unikom meningkat, sehingga turut membantu meningkatkan angka publikasi ilmiah Indonesia di mata dunia.

Gelaran ICOBEST 2019 pun menjadi momentum membanggakan khususnya bagi Civitas Akademika Unikom, karena diperkenalkannya Jabatan Akademik Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Manajemen Kewirausahaan yang diraih oleh Rektor Unikom, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 35247/M/KP/2019, yang ditetapkan tanggal 15 Oktober 2019.

Rektor Unikom pun memberikan apresiasi positif atas keberhasilan seminar internasional Unikom yang selama dua tahun berturut-turut telah terlaksana, baik International Conference on Informatics, Engineering Science and Technology (INCITEST) untuk lingkungan teknik maupun International Conference on Business, Economic, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) untuk non teknik. “Kami berharap setiap tahunnya selalu ada peningkatan kualitas karya ilmiah sehingga semakin banyak yang lolos ke prosiding internasional, upaya yang dilakukan sejak tahun lalu melalui seminar internasional ini juga telah menunjukan hasil yang baik, dimana penelitian ilmiah Unikom saat ini masuk klaster utama dari sebelumnya di klaster madya berdasarkan pengumuman dari Kemenristekdikti dan 281 paper INCITEST 2019 pun sudah terbit dan online di IOP Science, hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami dan berharap semangat para dosen untuk menulis karya ilmiah semakin terpacu,” pungkas Rektor. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Lingkungan Kampus
Selasa, 31 Maret 2020
Surat Edaran Perpanjangan Perkuliahan Online Unikom
Senin, 30 Maret 2020
LDK UMMI Gelar Kajian Muslimah Online Terkait Lockdown & Virus Corona
Senin, 30 Maret 2020