BERITA

Sabet Dua Medali Emas, Mahasiswa Unikom Siap Menuju Asean Skills Competition (ASC) XIII Tahun 2020 di Singapura

Rabu, 28 Agustus 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Dua medali emas berhasil diraih mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia (Unikom) pada ajang “Seleksi Nasional (SELEKNAS) Calon Kompetitor Asean Skills Competition (ASC) XIII Tahun 2019” yang digelar di Universitas Bina Nusantara Jakarta, pada 19-23 Agustus 2019. Medali tersebut disumbangkan oleh Muhammad Irfan Fakhri untuk bidang Web Technologies yang unggul diantara 15 peserta lainnya, dan Rakha Fauzi Maulana pada bidang IT Network Support System Administration mengalahkan 14 peserta dari berbagai daerah. 

Menurut Ferry Stephanus Suwita, S.Kom.,M.T., selaku Dosen Pembimbing, pelaksanaan SELEKNAS diikuti oleh peserta yang memenuhi passing grade di Seleksi Daerah, Seleksi Industri dan Juara 1 dan 2 LKS Nasional dua tahun kebelakang. Selain Muhammad Irfan Fakhri yang lolos melalui Jalur LKS Nasional dan Rakha Fauzi Maulana dari Jalur Seleksi Daerah, terdapat beberapa mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unikom lainnya yang terlibat di bidang Web Technologies, antara lain, Arif Rachman Hakim (Lolos melalui Jalur Seleksi Daerah), Muhammad Riwandi (Lolos Melalui Jalur Seleksi Daerah), Brillian Fahmi Fauzi (Lolos Melalui Jalur Seleksi Industri), dan Rizki Banyu Firdaus (Lolos Melalui Jalur Seleksi Industri).

Ferry menambahkan, “…setiap tahun kompetisinya, Indonesia selalu menyumbangkan medali emas, perak, perunggu dan medallion of exelence dari para kompetitor-kompetitor yang unggul dibidangnya, tentunya untuk mencari kompetitor unggul secara ideal tersebut bukanlah perkara mudah karena itu pemerintah pusat maupun daerah telah mempersiapkan program untuk mencari bibit-bibit unggul tersebut, diantaranya adalah adanya Seleksi Daerah yang dilakukan oleh masing-masing provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Selama pelaksanaan SELEKNAS yang berlangsung ± 5 hari, peserta telah melalui sejumlah tahapan seleksi. Mulai dari pengarahan awal dari tim panitia, technical meeting masing-masing bidang lomba dan familiarisasi alat perlombaan, pengerjaan beberapa modul, hingga tahap wawancara untuk bidang IT Network Support System Administration. Selain mendapat dukungan penuh dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia khususnya pada kegiatan ini, Unikom turut memberikan dukungan serupa kepada para peserta SELEKNAS dari mahasiswa Prodi Sistem Informasi yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Peserta yang lolos pada SELEKNAS nantinya akan diikutsertakan pada ASC XIII Tahun 2020 di Singapura, yakni kompetisi rutin yang diadakan dua tahun sekali untuk mempromosikan perkembangan keterampilan pekerja muda dari negara ASEAN, meningkatkan daya saing negara ASEAN, dan meningkatkan persaudaraan di antara negara ASEAN. (Direktorat Hms & Pro)

 

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019