Berita

Rektor UNIKOM Dipilih Menjadi Penasihat Organisasi Pinkan Indonesia

BANDUNG, UNIKOM – Menjadi sosok entrepreneur sukses dan membanggakan merupakan gambaran dari Rektor Universitas Komputer Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. Kedua hal tersebut menjadi dasar Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Jawa Barat memilih Rektor UNIKOM untuk menjadi Penasihat dalam organisasi tersebut.

Pada Senin, 23 November 2020, PINKAN Jawa Barat yang diwakili oleh Melok Besari (Ketua Pinkan Jawa Barat), Emmy Subroto (Bendahara Pinkan Jawa Barat) dan Dr. Ir. Yuni Mogot, M.Si., (Sekretaris Pinkan Jawa Barat) datang berkunjung ke Ruang Kerja Rektor UNIKOM. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS.

Melalui kesempatan tersebut, Melok Besari menyampaikan “Rektor UNIKOM merupakan anak bangsa dari Kota Manado, Sulawesi Utara yang menjadi sosok entrepreneur sukses, hal itulah yang menjadi alasan utama kami memilih beliau menjadi penasihat dalam organisasi PINKAN Jawa Barat. Sangat luar biasa beliau sangat menyambut baik tawaran kami, kami harapkan dengan berkenannya beliau menjadi penasihat di PINKAN Jawa Barat dapat mengembangkan Kolintang ke seluruh Indonesia dan tercatat di UNESCO.” ujarnya.

Sementara itu, menyambut baik tawaran tersebut, Rektor UNIKOM mengungkapkan “Tentunya satu kebanggan bagi saya karena PINKAN Jawa Barat telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi Penasihat di organisasi tersebut. Saya pikir komunitas ini merupakan hal yang baik karena kolintang adalah alat musik dari Sulawesi Utara, sehingga memberikan pengetahuan kepada anak muda saat ini terkait kolintang dan menjadi satu gerakan akan pelestarian kolintang di zaman saat ini.” jelasnya.

Sebagai informasi, dilansir dari pinkanindonesia.wordpress.com., PINKAN merupakan organisasi yang terfokus pada gerakan pelestarian Musik Kolintang di seluruh Indonesia. Musik Kolintang sebagai bagian dari kebudayaan Bangsa Indonesia yang perlu mendapat perhatian lebih besar untuk dilestarikan. Adanya suatu wadah yang tumbuh dari bawah, dari masyarakat pelaku seni budaya ini, diharapkan citra Musik Kolintang akan lebih terangkat, lebih dikenal, dan lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Salah satu program utama PINKAN INDONESIA saat ini ialah membawa Musik Kolintang ke UNESCO (Badan PBB untuk urusan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan), dengan tujuan agar Musik Kolintang dari Indonesia bisa menjadi Warisan Budaya Dunia (Direktorat Hms & Pro)