BERITA

Ramadhan Berkah Dikala Pandemi Covid-19, Ngabuburit Bari Kajian Bersama BEM Unikom

Jumat, 08 Mei 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Bulan Ramadhan merupakan bulan terindah dimana dipenuhi dengan keberkahan, keindahan, dan keramaian. Namun, berbeda pada tahun ini, pandemi COVID-19 memberikan dampak bagi seluruh umat beragama khususnya umat muslim sehingga sulitnya umat muslim merasakan suasana ibadah Ramadhan seperti tahun sebelumnya. Membahas mengenai “Ramadhan Berkah Dikala Pandemi COVID-19”, Kementerian Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan BEM UNIKOM dengan Kementerian Agama BEM UNIKOM menggelar Diskusi Online bertajuk Ngabuji “Ngabuburit Bari Kajian” pada Jumat (01/05/2020) pukul 16.00-17.30 WIB .

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 30 orang, termasuk 1 narasumber dan 1 moderator. Partisipan tersebut berasal dari mahasiswa se-Bandung raya serta masyarakat umum yang turut serta mengikuti pemaran materi dari narasumber Dedi Hariadi H, Lc (Founder Taubaters Movemenet juga Dewan Riset Ikatan DAI Indonesia Jabar) menyampaikan bagaimana cara kita tetap meraih berkah dikala pandemi COVID-19.

Sistematika untuk menjadi partisipan dalam diskusi online yang dilakukan melalui media aplikasi google meet tersebut cukup mudah, bagi calon partisipan yang telah memiliki aplikasi google meet baik via PC maupun via android bisa langsung mengakses MeetingID dan Password tertera pada  flyer yang telah diunggah di media sosial untuk bergabung dalam diskusi online tersebut, karena diskusi terbuka untuk Mahasiswa dan Umum.

Menteri Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan BEM UNIKOM, Dody Alfares menyampaikan “Tujuan diadakannya kegiatan ini tentu untuk lebih memahami bahwasanya kita tetap dapat meraih berkah penuh dibulan Ramadhan ini walaupun ditengah pandemi COVID-19. Mengingat bahwa pada Ramadhan kali ini kita bukan hanya harus menahan godaan haus, lapar dan hawa nafsu akan tetapi kita juga diberikan ujian lebih dengan datangnya pandemi COVID-19. Semoga dengan adanya kegiatan kajian ini dapat meningkatkan keimanan kita serta lebih merekatkan kita dengan Allah SWT juga lebih meningkatkan romantisme kita dengan Al-Qur’an.” ujarnya.

Sementara itu, Archy Renaldy Pratama selaku Presiden Mahasiswa BEM UNIKOM menyampaikan “Keberhasilan ibadah Ramadhan tentu kita harus mengetahui amalan mendapatkan keberkahan bulan suci ini, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah seperti Puasa dengan kesungguhan, Memperbanyak ibadah, Perbanyak berdoa, Menuntut ilmu, Berdakwah dan Mencari Lailatul Qadar, Selain itu yakinkan dengan iman usahakan dengan ilmu sampaikan dengan amal maka seberat apapun kendala dalam menunaikan kewajiban akan memiliki semangat yang terbaik. Sekalipun pandemi COVID-19 masih merajalela sebab Allah SWT tidak mungkin membebani hamba-Nya dengan perkara di luar batas kemampuannya (QS Al Baqarah [2]: 286).” ungkapnya. (Direkrotat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020