Berita

Putra-Putri Unikom Berpartisipasi Aktif Dalam Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2020

BANDUNG, UNIKOM – Bertempat di Hotel Lingga Jln. Soekarno Hatta Bandung, Putra Putri Unikom turut hadir dalam gelaran Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2020 yang bertajuk “Meningkatkan Literasi, Inovasi dan Kreatifitas Untuk Mewujudkan Masyarakat Berengetahuan dan Berkarakter”. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis, 12 Maret 2020 ini digagas oleh Paguyuban Duta Baca Jawa Barat bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat.

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini sebelumnya bernama Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat ini, namun pada tahun ini mengalami perubahan nama menjadi Pemilihan Duta Baca Jawa Barat dengan jargon “Salam Literasi! Berkarya, Mengabdi, Menginspirasi”. Turut hadir dalam kesempatan ini Mojang Jajaka Jawa Barat, Duta - Duta Kampus, Duta Bahasa, dan juga dari Putra – Putri Unikom 2019 yang diwakili oleh Muhamad Fadhil dari program studi Desain Interior dan Nurin Fadhila Fasya dari program studi Sastra Inggris.

Rangkaian agenda dalam acara tersebut berjalan dengan lancar dan sangat meriah dengan persembahan berbagai penampilan dari mulai musikalisasi puisi hingga dramatisasi puisi oleh beberapa peserta dan pemenang duta baca tahun sebelumnya. Sebanyak 54 Finalis mengenakan baju tradisional Jawa Barat, dimana para finalis tersebut telah berhasil melalui beberapa tahapan seleksi yaitu berupa tes tulis kepustakawanan dan pengetahuan umum, lalu presentasi tentang kegiatan literasi yang dilakukan sebelumnya.

Melalui berbagai macam tahapan seleksi dimana salah satunya ditentukan dengan sesi tanya jawab antara dewan juri dan para peserta yang harus memberikan jawaban terbaiknya dalam kurun waktu 5 menit, akhirnya didapatkanlah 12 finalis yang berhasil memenangkan kompetisi tersebut. Berikut adalah para pemenang, diantaranya: 1) Juara 1 Putra: Rohman Hikmat (Kab. Sukabumi) 2) Juara 1 Putri: Salbia Salsabila Mulki (Kab. Cianjur); 3) Juara 2 Putra: Ndaru Luriadi (Kota Depok); 4) Juara 2 Putri: Alda Adzika (Kota Cimahi); 5) Juara 3 Putra: Fajar Akbar Gumelar (Kab. Bandung); 6) Juara 3 Putri: Fatimah Nursalfitri (Kota Sukabumi); 7) Juara Harapan 1 Putra: Soni Herdiansyah (Kab. Purwakarta); 8) Juara Harapan 1 Putri: Ade Khojanah (Kab. Pangandaran); 9) Juara Harapan 2 Putra: Aldi Nur Fadilah (Kab. Pangandaran); 10) Juara Harapan 2 Putri: Siti Rukmini (Kab. Bandung); 11) Juara Harapan 3 Putra: Sandy Nurjannah (Kota Cimahi); 12) Juara Harapan 3 Putri: Sofiah Mardiah (Kota Bogor); 13) Juara Favorit Putra: Ihza Andika (Kab. Bogor); dan 14) Juara Favorit Putri: Dina Alfitri (Kab. Kuningan).

Ucapan selamat kepada para pemenang disampaikan oleh Nurin Fadhila Fasya selaku perwakilan Putra-Putri Unikom yang menyampaikan “Kami ucapkan selamat kepada para pemenang Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2020, harapan kami bahwa para pemenang dapat menjalankan tugas dengan baik dan sekali lagi selamat mengemban tugas sebagai Duta Baca Jawa Barat.”, ujar Fasya. Sementara itu, Muhamad Fadhil menuturkan “Saya berharap dengan diadakannya pemilihan duta baca Jawa Barat 2020 ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya generasi muda sehingga akan memperluas pengetahuan dan wawasan demi bekal dimasa yang akan datang.”, tutur Fadhil. (Direktorat Hms & Pro)