BERITA

‘Public Speaking’, Menjadi Kontribusi KPM Unikom untuk Masyarakat

Jumat, 08 Juni 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Dewasa ini, kemampuan Public Speaking semakin menjadi kebutuhan yang penting dimiliki dan dikuasai oleh setiap orang. Hal ini tidak terlepas dari sifat public speaking itu sendiri yang dibutuhkan tanpa memandang profesi, pekerjaan, dan ranah keilmuan. Selain bermanfaat dalam segi karir, seseorang yang mahir public speaking pun akan lebih mudah beradaptasi hingga mendukung pergaulan sosialnya terutama dalam sebuah organisasi.

Atas dasar itulah Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom dengan penuh semangat membagikan pengetahuan dan pengalamannya di dunia public speaking kepada Karang Taruna RW 01 Sekeloa, Bandung, melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat & Bakti Sosial bertajuk ‘Sharing is Caring’. Selain berbagi ilmu, kegiatan yang berlangsung di Masjid Al-Ukhuwwah Sekeloa, Rabu (6/6) pukul 15.00 WIB juga menjadi implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh KPM Unikom.

Mengawali kegiatan tersebut, Alpin Hamjah mewakili KPM Unikom mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan antusiasme Karang Taruna setempat terhadap kegiatan ini. Tak lupa, ia memperkenalkan KPM Unikom sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Unikom yang terlibat dalam membantu mensukseskan kegiatan-kegiatan internal dan eksternal universitas. Berbagai kegiatan tersebut dirangkum dalam tayangan singkat yang disaksikan oleh para peserta, sehingga diharapkan mereka yang umumnya masih duduk di bangku sekolah menengah bisa lebih mengenal KPM secara khusus dan Unikom pada umumnya.

Memasuki agenda inti, Alpin Hamjah bersama Yusi Aysha memberikan pemaparan materi tentang public speaking. Mulai dari definisi hingga teknik-teknik untuk menguasai keterampilan tersebut berdasarkan keilmuan yang dipelajari dan tentunya pengalaman di lapangan. Alpin dan Yusi merupakan dua dari ± 40 anggota KPM Unikom yang memiliki jam terbang cukup tinggi dalam mengaplikasikan public speaking khususnya di bidang Master of Ceremony (MC). Keduanya rutin dilibatkan untuk memandu kegiatan-kegiatan universitas mulai dari kunjungan hingga wisuda dan penerimaan mahasiswa baru Unikom. Sehingga para peserta pun diberi kesempatan mempraktikan kemampuan public speaking masing-masing, baik sebagai MC, News Anchor, Reporter, ataupun Standup Comedy.

Bagi Yusi, kemampuan public speaking dapat membantu meningkatkan karier seseorang. Orang-orang yang berhasil menduduki posisi tinggi di sebuah instansi atau perusahaan rata-rata mereka yang menguasai teknik public speaking. “Jika kita menguasainya, rasa percaya diri akan meningkat dan menjadikan pribadi yang menyenangkan untuk orang-orang disekitar kita, selain itu juga mampu memicu untuk lebih berpikir kritis, apalagi sebagai mahasiswa kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dan yang terakhir bagi saya public speaking sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan leadership,” jelas Yusi.

Berkenaan dengan kegiatan ini, Arif Try Cahyadi, M.Ds selaku Pembina KPM Unikom, mewakili Direktur Humas dan Protokoler Unikom yang berhalangan hadir dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasinya karena Tri Dharma Perguruan Tinggi telah menjadi bagian dari program kerja KPM Unikom yang penting untuk direalisasikan mengingat salah satu tujuannya yang membentuk pribadi mandiri, kreatif, dan inovatif. Dengan tema kegiatan yang berbeda setiap tahunnya, diharapkan KPM Unikom bisa memberikan kontribusi positif tidak hanya untuk almamaternya tetapi juga masyarakat sekitarnya.

Arif pun mengiyakan bahwa pemateri dalam kegiatan ini adalah anggota KPM Unikom yang kompeten di bidang public speaking dan sering menjadi MC di berbagai kegiatan universitas di level regional hingga international, bahkan sudah beberapa kali menjuarai kompetisi bidang public speaking. “Hal ini semoga memberikan manfaat untuk kita semua, sehingga outputnya kalian dapat menjadi public speaker yang handal di bidangnya masing-masing dan harapan lainnya kegiatan ini dapat dijalankan secara berkelanjutan, karena pada dasarnya keilmuan tentang humas dan protokoler itu sangat luas mulai dari mempersiapkan kegiatan, penyambutan tamu, dan lain sebagainya,” tambah Arif.

Sementara itu, bertepatan dengan momentum bulan suci Ramadhan, KPM Unikom juga mengadakan buka puasa bersama dengan para peserta dan masyarakat setempat yang menjadi jama’ah masjid tersebut. Semoga, kontribusi yang dilakukan oleh KPM Unikom bisa memberikan manfaat dan mampu menambah wawasan peserta di kalangan Karang Taruna RW 01 Sekeloa Bandung terkait public speaking. (Direktorat Hms & Pro)

Revisi Jadwal Penerimaan CD Penelitian Semester Genap T.A 2017/2018
Sabtu, 22 September 2018
Tim Futsal Sistem Informasi Unikom Bidik Juara 2 di Turnamen Futsal IFEST 2018
Sabtu, 22 September 2018
KPM Unikom: Tingkatkan Kualitas Personal Dalam Jamuan Makan
Sabtu, 22 September 2018

September 2018