BERITA

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Unikom Gelar “Roadshow Studi Banding, Company Visit dan Pengabdian pada Masyarakat”

Selasa, 16 April 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Pascasarjana Unikom melakukan “Roadshow Studi Banding, Company Visit, dan Pengabdian pada Masyarakat” yang berlangsung selama empat hari, sejak 3-6 April 2019. Roadshow tersebut diikuti ± 15 orang, diantaranya Dekan Fakultas Pascasarjana Unikom, Dr. Rahma Wahdiniwaty, M.Si, Ketua Program Studi MM Unikom, Dr. Ir. Deden Abdul Wahab Sya'roni, M.Si., mahasiswa tingkat akhir dan alumni Program Studi MM Unikom.

Menurut Deden, pihaknya telah menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan sebagai ajang sharing knowledge serta membangun atmosfer akademik antara dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder. Salah satu tempat yang dikunjunginya kali ini adalah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dimana pihak Unikom mendapat sambutan baik dari jajaran pimpinan serta civitas akademika di Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip.

Studi banding menjadi sarana pertukaran informasi dan wawasan antara dosen dan mahasiswa, hingga diskusi terkait kurikulum serta penyusunan tugas akhir atau tesis. Tak ingin menyiakan kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan kerja sama di tingkat program studi dan fakultas mengenai Tridharma Perguruan Tinggi guna penguatan akademik, terlebih Undip adalah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terakreditasi unggul bahkan program studinya sudah banyak terakreditasi internasional sehingga dapat dijadikan acuan positif.

“Salah satu aspek yang akan direalisasikan dari kerja sama ini adalah tukar artikel di masing-masing jurnal, selagi Undip memproses akreditas jurnal, kami pun mempersiapkan artikel-artikel yang nantinya akan dikirimkan begitupun sebaliknya artikel dari mahasiswa atau dosen Undip yang akan diterbitkan di jurnal kami,” tutur Rahma.

Tidak hanya Undip, Program Studi MM Fakultas Pascasarjana Unikom telah melakukan studi banding ke berbagai perguruan tinggi lainnya pada roadshow di tahun-tahun sebelumnya. Sebut saja Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Sehingga dari kegiatan ini banyak wawasan baru yang diperoleh untuk terus mengembangkan Prodi MM Unikom secara khusus dan Unikom pada umumnya.

Usai studi banding, agenda berlanjut ke PT. Sinar Sosro Ungaran Semarang dalam rangka company visit. Hal ini ditujukan guna menilik sistem manajemen di perusahaan besar, dari sisi produksi hingga pemasaran. “…mahasiswa kami sudah dibekali mata kuliah IT dan entrepreneur sehingga bisa melihat langsung di lapangan bagaimana proses usaha skala besar, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sampai pada proses pemasarannya,” jelas Deden.

Menutup rangkaian roadshow, Prodi MM Fakultas Pascasarjana Unikom pun melakukan pengabidan pada masyarakat ke beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berlokasi di Batu, Malang. Sedikitnya terdapat tiga UMKM yang dikunjungi, antara lain: 1) CV Mbatu Petik Apel – Malang; 2) CV Brosem –Malang; dan 3) CV De Duwa – Malang. Agenda pengabdian dikemas dalam sharing session terkait pengembangan usaha agribisnis atau pertanian, dan ritel dari sisi manajemen bisnis dengan harapan para UMKM tersebut dapat semakin berkembang.  

“Ketiga usaha ini bergerak di berbagai bidang, ada pengolahan apel dari perkebunan hingga pemasaran, pengolahan menjadi minuman apel, serta bisnis retail kuliner pengeringan buah-buahan, bahkan CV De Duwa yang kami kunjungi menjadi industri retail kuliner terbesar di Malang dimana kami berkesempatan bertemu dengan para perintis yang mengembangkan usaha tersebut,” ujar Rahma.

Selain mengadakan sharing, juga dilakukan penandatanganan kerja sama dengan ketiga UMKM tersebut oleh program studi maupun Fakultas Pascasarjana Unikom. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperluas link and match antara dunia pendidikan dengan stakeholder, menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang dapat memberikan wawasan dan input positif bagi mahasiswa, dosen, dan pengembangan Unikom itu sendiri. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019