Berita

Prodi Sastra Inggris Unikom Raih Gelar Juaran Dalam Lomba Sastra Nasional 2019

BANDUNG, UNIKOM -- Program Studi Sastra Inggris Unikom berhasil mengantarkan mahasiswanya menjadi pemenang dalam gelaran Lomba Sastra Nasional yang bertajuk "Bahasa Berkarya 2019: Pahlawan Kekinian Mengabdi untuk Negeri." pada Rabu – Jumat (4 – 6 Desember 2019) di Kampus Universitas Widyatama Bandung. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa Universitas Widyatama ini melombakan dua kompetisi yakni puisi dan musikalisasi puisi. Berdasarkan tema yang diangkatnya, kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk apresiasi mahasiswa terhadap jasa para pahlawan dan sarana pembuktian mahasiswa yang harus membuktikan diri sebagai pahlawan masa kini.

Mahasiswa Program Sastra Inggris Unikom yang diwakili oleh Abdul Malik Azis, Muhamad Rizky Kaira, dan Lanang Dwi Wicaksono, berhasil meraih "Juara II Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional". Penghargaan yang didapatkan ialah berupa Piala Juara II Musikalisasi Puisi, sertifikat, dan sejumlah uang tunai. Keberhasilan ketiga mahasiswa tersebut tidaklah terlepas dari pembinaan Nenden Rikma Dewi, S.S., M.Hum., selaku Dosen Program Studi Sastra Inggris Unikom sekaligus Dosen Pembina Kemahasiswaan Periode 2018-2019.

Dr. Retno Purwanisari, S.S., M.Hum. selaku Ketua Program Studi Sastra Inggris Unikom menyampaikan “Kegiatan ini diikuti dengan melihat semangat dan motivasi dari pembina dan mahasiswa kami untuk menunjukkan karyanya. Program Studi sangat mendukung kontribusi dan upaya mengembangkan potensi dan minat yang dimiliki setiap mahasiswa. Selain itu, Program Studi selalu berusaha memberikan apresiasi atas kesediaan mahasiswa untuk mengikuti berbagai perlombaan, karena di dalamnya terdapat proses belajar menjadi individu dan kelompok yang bertanggung jawab sebagai calon ilmuan dibidang yang dipilihnya (Sastra Inggris).” ujar Retno.

Sesuai dengan bidang yang menjadi acuan dalam lomba ini, beragam persiapan pun telah dilakukan demi mencapai hasil yang maksimal oleh tim yakni: 1) pembuatan puisi, 2) aransemen musik untuk mengiringi pembacaan puisi, 3) latihan, 4) taping video, dan 5) mengirim video secara online ke panitia. Persiapan-persiapan lanjutan pun akan semakin dikembangkan oleh Sivitas Akademika Program Studi Sastra Inggris Unikom demi mencapai keberhasilan-keberhasilan di berbagai kompetisi yang akan datang. (Direktorat Hms & Pro)