Berita

Prodi MI Unikom Gelar beragam Persiapan Menjelang Kegiatan Pelatihan Guna Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat

BANDUNG, UNIKOM – Merancang implementasi Tri Dharma Peguruan Tinggi yakni salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat menjadi poin penting bagi berjalannya aktivitas di lingkungan perguruan tinggi selain Pendidikan dan Penelitian. Berencana menggelar kegiatan pelatihan, Program Studi Manajemen Informatika Unikom melakukan beragam persiapan guna memaksimalkan berjalannya kegiatan pelatihan tersebut diantaranya melalui Rapat Persiapan.

Rapat persiapan yang digelar secara rutin oleh tim pelaksana tersebut membahas mengenai rencana kegiatan, kesiapan dan pemaksimalan dalam pelatihan. Tim pelaksana yang secara aktif terlibat dalam persiapan kegiatan tersebut diantaranya Ketua Pelaksana, Syahrul Mauluddin, M.Kom., Dr. Marliana Budhiningtyas, M.Si., selaku Dosen sekaligus Ketua Program Studi Sistem Informasi Unikom, dan Dr. Dadang Munandar, M.Si., selaku tim dari International Women University. Kegiatan tersebut pun merupakan hasil kerjasama dengan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) Jawa Barat. Selain dengan para dosen, kegiatan tersebut melibatkan dua orang mahasiswa program studi manajemen informatika Unikom yakni Feisal Abdurrahman dan Muhammad Chairil Akmal.

Rencananya, pada Selasa, 4 Agustus 2020, Program Studi Manajemen Informatika Unikom akan menggelar Pelatihan Asesmen, Evaluasi dan Penyusunan Program Pengembangan Anak Down Syndrome dengan Bantuan Aplikasi AADS (Asesmen Anak Down Syndrome) pada Persatuan Orang Tua dengan Anak Down Syndrome (POTADS) Jawa Barat”. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan hibah pengabdian kepada masyarakat 2020 dengan skema Program Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Kementerian Ristek/BRIN.

Pelatihan tersebut akan terdiri dari dua agenda yakni terkait materi asesmen perkembangan ADS dan pelatihan penggunaan aplikasi AADS. Selanjutnya, direncanakan paska pelatihan tersebut akan dilanjutkan dengan tahapan pembinaan melalui grup whatsapp. Syahrul Mauluddin, M.Kom., menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tersebut adalah salah satu rangkaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. “Harapannnya, mudah-mudahan kegiatan pengabdian tersebut berjalan lancar sesuai dengan harapan sehingga dapat memberikan manfaat bagi para orang tua ADS dan pengurus POTADS Jabar.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)