Berita

Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom, Perluas Wawasan Mahasiswa Melalui Kuliah Umum

BANDUNG, UNIKOM – Bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom menggelar Kuliah Umum bertajuk “Kebijakan & Strategi Pemerintah dalam Pembangunan di Kota Bandung” Hari Kamis (19/12/2019). Pada kesempatan ini, turut hadir Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Nia Karniawati, S.IP., M.Si.,, Ketua Program Studi di lingkungan FISIP Unikom diantaranya Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Rismawaty, S.Sos., M.Si., dan Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Dr. Dewi Tri Wahyuni, S.IP., M.Si., para tamu undangan, para dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, serta sebanyak ±102 peserta yakni mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dr. Nia Karniawati, S.IP., M.Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom yang menyampaikan “Kuliah umum merupakan agenda rutin tahunan Prodi Ilmu Pemerintahan, dimana pada tahun ini berkesempatan menghadirkan narasumber dari anggota DPRD Kota Bandung,  sehingga diharapkan melalui kuliah umum para mahasiswa dapat mengambil manfaat dari apa yang disampaikan oleh pemateri.” ujar Nia.

Memasuki agenda inti yakni pemaparan materi yang disampaikan oleh  Folmer Siswanto M. Silalahi, ST., selaku anggota DPRD Kota Bandung menyampaikan “DPRD Kota Bandung menjadi bagian yang penting dalam suatu negara, karena DPRD diperuntukkan sebagai wadah dalam menampung aspirasi 2,5jt masyarakat di Kota Bandung. DPRD memiliki fungsi mengatur keseimbangan diantara pemerintah daerah seperti pengelolaan APBD daerah tersebut kepada masyarakat.” ujar Folmer.

Lebih lanjut Folmer membahas mengenai tiga fungsi dasar DPRD yakni: 1) Membentuk peraturan daerah bersama-sama dengan kepala daerah/wali kota; 2) Membahas dan memberikan usulan APBD atau anggaran yang diajukan kepada kepala daerah/wali kota; serta 3) Melakukan pengawasan pelaksanaan dari Perda dan APBD yang diajukan. (Direktorat Hms & Pro)