BERITA

Prodi IHI Unikom Jajaki Kerjasama dengan KBRI Vientiane Laos

Jumat, 21 Februari 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM -- Bertempat di Gedung Wonderful Indonesia Center (WIC) Vientiane, Laos, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Vientiane, Laos, menandatangani kesepakatan kerjasama dalam bidang pendidikan, sosial dan budaya pada Rabu (12/02/2020). Kesepakatan kerjasama ditandatangani oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP), Dr. R.P Pratito Soeharyo, dan Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom Dr. Dewi Triwahyuni, M.Si.

Turut hadir dalam kesempatan ini para pejabat dan staf KBRI Vientiane, Dekan FISIP U Unikom Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, MA, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Direktur Kemahasiswaan U Unikom, Andrias Darmayadi, Ph.D, dosen prodi IHI Unikom diantaranya Budi Mulyana, M.Si., dan Sylvia O.P. M.I.Pol., serta sebanyak 5 orang mahasiswa prodi IHI Unikom.

Mengawali acara tersebut, Dr. R.P Pratito Soeharyo menyambut baik inisiasi kerjasama diantara Unikom dan KBRI “…selain bertujuan memajukan bidang pendidikan, sosial dan budaya, kerjasama yang terjalin ini dinilai dapat meningkatkan people to people contact antara Laos dan Indonesia serta meningkatkan peran negara dalam kancah hubungan internasional. Harapan besar bahwa kesepakatan kerjasama ini dapat diimplementasikan dan dapat berkelanjutan ke depannya.” ujarnya.

Menariknya, Dubes Pratito Soeharyo mengungkapkan bahwa penandatanganan kerja sama ini merupakan pertama kalinya dilakukan di Gedung Wonderful Indonesia Center (WIC) sejak WIC diresmikan pada tanggal 23 September di Vientiane, Laos, sehingga diharapkan kesempatan ini dapat menjadi tonggak sejarah maupun pioneer bagi berkembangnya kerjasama-kerjasama lain antara Indonesia dan Laos, dimana Wonderful Indonesia Centre (WIC) merupakan pusat penyelenggaraan promosi dan peningkatan kerja sama Indonesia – Laos.

Dekan FISIP Unikom, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, MA., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Duta Besar Dr. Pratito Soeharyo dan Staf KBRI Vientiane atas penerimaan yang luar biasa. “Harapan besar kami bahwa kegiatan-kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dapat segera dimplementasikan, yang bukan hanya bermaanfaat bagi institusi Unikom saja namun juga berperan dan berkontribusi dalam membantu kinerja KBRI Vientiane dalam mempromosikan Indonesia di Laos.” tuturnya.

Sebagai tindak lanjut kerjasama, melalui kesempatan ini pun Prodi IHI Unikom mengirimkan 5 (lima) orang mahasiswa IHI UNIKOM untuk mengikuti Program Internship atau magang di KBRI Vientiane, Laos diantaranya Nadya Nur Faiza, Bellinda Shafira, Firdha, Celine Matutina dan Dalfa Nurfalah. Kelima mahasiswi tersebut akan membantu tugas KBRI Vientiane, meliputi fungsi ekonomi, politik, protokol dan konsuler. Program magang sendiri tidak hanya merupakan action atau implementasi Kerjasama diantara kedua belah pihak namun juga dalam rangka mendukung kebijakan “Kampus Merdeka” Kemendikbud Indonesia.

Melengkapi kegiatan, dalam kesempatan tersebut KBRI Vientiane dan Prodi IHI Unikom melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Program Peningkatan Keterampilan Membuat Aksesoris Etnik Indonesia. Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional menyampaikan “Hal inini menjadi momentum awal implementasi setelah ditandatanganinya kesepakatan kerjasama antara kedua belah pihak. Semoga kerjasama yang ditelah disepakati dapat berjalan dengan lancar, kontinu dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.” ucapnya. (Diolah dari berbagai sumber - Direktorat Hms & Pro)

 

Memperingati Dies Natalis UNIKOM Ke-20 | Viral Kampus | Eddutainment Official
Sabtu, 08 Agustus 2020
Direktur Humas dan Protokoler Unikom Menjadi Pemateri Training Teknis dan Sertifikasi LSP Universitas Bina Darma Palembang
Sabtu, 08 Agustus 2020
Selamat Dies Natalis Unikom Ke-20
Sabtu, 08 Agustus 2020