BERITA

Pertanggungjawaban Ilmiah: Dosen Unikom Presentasikan Hasil Penelitian Hibah DRPM Tahun 2016

Senin, 07 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unikom, Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si, mengundang sejumlah dosen untuk melakukan presentasi Seminar Hasil Penelitian Hibah DRPM yang dilaksanakan dalam empat ruangan sekaligus pada Kamis (3/8) pukul 09.00 WIB di Lantai 12 Smart Building Unikom. Presentasi yang dilakukan berkenaan dengan penelitian Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang terbagi dalam dua jenis skema yaitu “Penelitian Dosen Pemula” dan “Penelitian Hibah Bersaing”.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah, kegiatan tersebut diikuti oleh 19 dosen Unikom yang telah melakukan penelitian pada tahun 2016, untuk menyampaikan hasil penelitiannya dihadapan para reviewer. Adapun reviewer tersebut, antara lain: 1) Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si; 2) Dr. Herman S, MBA; 3) Dr. Dedi Sulistiyo S, ST., MT; 4) Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si; 5) Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si; 6) Dr. Ir. Deden Abdul Wahab S, M.Si; 7) Dr. Ir. Dhini Dewiyanti Tantarto, MT; dan 8) Dr. Wendi Zarman, M.Si.

Secara bergantian para dosen sebagai peneliti menyampaikan hasil penelitiannya untuk selanjutnya dilakukan proses review oleh para reviewer. Layaknya presentasi pada umumnya, para peneliti pun harus menjelaskan metodologi, hasil capaian dan luaran, bahkan jika memungkinkan mereka membawa produk penelitian, bukti-bukti luaran dan poster hasil penelitian berukuran 70 cm x 70 cm.

Penelitian adalah bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena disamping mengajar dosen pun memiliki kewajiban untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Seperti dilansir dari https://www.duniadosen.com/penelitian-bagi-dosen-m/, bahwa sejumlah pasal dalam UU Pendidikan Tinggi tentang Inovasi Teknologi & Daya Saing yang berkaitan dengan pendidikan tinggi dan penelitian untuk menopang daya saing bangsa, telah mendukung adanya penelitian bagi dosen dan menjadi bukti bahwa pemerintah pun tak henti menggalakan para akademisi untuk melakukan penelitian.

Adanya kegiatan ini diharapkan bisa menambah semangat dan motivasi para dosen untuk semakin giat melakukan penelitian, karena karya nyata dalam pendidikan tinggi dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri, perguruan tinggi, dan masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)

Kontribusi Dosen Unikom Kembangkan Produk Unggulan Desa di Cibogohilir Purwakarta
Rabu, 19 September 2018
Promo Diskon 50% All Menu Kantin Unikom
Rabu, 19 September 2018
Informasi Lowongan Pekerjaan di Perusahaan PT Nusa Satu Inti Artha (Doku)
Rabu, 19 September 2018

September 2018