BERITA

Perpustakaan Unikom: Tumbuhkan Minat Baca di Kalangan Mahasiswa

Senin, 30 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Perpustakaan Unikom berkerja sama dengan Program Studi Sastra Inggris mengadakan kegiatan “Membaca dan Story Telling” yang digelar pada Rabu (25/10) pukul 09.00 WIB di Area Koleksi Leisure Time Perpustakaan Unikom. Kegiatan yang diikuti 54 mahasiswa baru Prodi Sastra Inggris Unikom, adalah bentuk peringatan ‘Hari Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca’ yang digalakan Perpustakaan Nasional dan diperingati setiap tanggal 25 Oktober.

Menurut Ubudiyah Setiawati, S.Sos, selaku Kepala Perpustakaan Unikom, gerakan ini merupakan ajakan kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa, bahwa membaca adalah gerbang awal dalam memperoleh informasi yang fakta dan kredibel, sebelum ke arah literasi. Bahkan pihaknya sangat mengharapkan bahwa gerakan ini tidak hanya diikuti mahasiswa Prodi Sastra Inggris saja, melainkan oleh seluruh Civitas Akademika Unikom.

“Sebenarnya, Perpustakaan Unikom ingin bekerja sama dengan banyak program studi, tidak hanya Prodi Sastra Inggris saja. Tetapi, pada kegiatan ini kami menyesuaikan dengan tema dan jenisnya, dimana Sastra Inggris pun mengajarkan teknik membaca yang baik dan benar atau dengan sistem re-tell serta mata kuliah literasi, yang secara khusus memiliki keterkaitan tersendiri dengan kegiatan kali ini,” tambah Ubudiyah.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung hingga pukul 11.00 WIB terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, para peserta dipersilakan untuk membaca buku, baik buku cetak maupun e-book dalam waktu sepuluh menit. Selanjutnya, mereka melakukan re-tell atau menceritakan kembali isi buku yang dibacanya menggunakan bahasa dan teknik re-tell masing-masing. “…pada saat melakukan re-tell, mereka menceritakan alasan memilih buku tersebut, sisi menariknya dan gambaran umum atau inti cerita di dalam bukunya,” tutur Ubudiyah.

Memasuki sesi kedua, peserta melakukan story telling yang disampaikan dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, guna berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasannya.  Dalam kesempatan tersebut, Ketua Prodi Sastra Inggris, Asih Prihandini, S.S.,M.Hum, pun mengapresiasi adanya kegiatan ini sebagai sarana bagi mahasiswa untuk lebih berekspresi dalam mengemukakan ide, gagasan, ataupun pendapat sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.

Selain memperingati ‘Hari Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca’, Perpustakaan Unikom juga merayakan ‘Hari Pengunjung’ yang ditetapkan setiap tanggal 14 September oleh Perpustakaan Nasional. Walaupun tanggalnya berbeda, Perpustakaan Unikom memperingatinya di hari yang sama, dengan memberikan gift menarik bagi pengunjung pertama, penanya pertama, dan peminjam buku pertama di tanggal 25 Oktober 2017.

Mengikuti apa yang dicanangkan Perpustakaan Nasional, diharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca di Indonesia khususnya di lingkungan Civitas Akademika Unikom, sehingga melalui kontribusi kecil yang dilakukan mampu memberikan dampak luas bagi masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019