BERITA

Perpustakaan Unikom Gelar Pelatihan Mendeley 2019

Kamis, 16 Mei 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Perpustakaan Unikom kembali mengadakan “Pelatihan Pembuatan Sitasi dan Daftar Pustaka Karya Ilmiah” yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu sejak 15 Mei-10 Agustus 2018 di Ruang Audiovisual Perpustakaan Lantai 8 Smart Building Unikom. Pelatihan ini terbuka bagi seluruh civitas akademika Unikom baik dosen ataupun mahasiswa dengan memanfaatkan sebuah tools bernama Mendeley.

Seperti disampaikan oleh Nurriska Amalina, S.Pd., Staf Pengembangan dan Pengolahan Bahan Pustaka Referensi dan Serial Perpustakaan Unikom yang menjadi narasumber, bahwa Mendeley merupakan tools atau aplikasi yang cara penggunaannya lebih mudah dan tanpa berbayar. Mendeley dapat diakses dalam bentuk website ataupun desktop dengan catatan setiap orang memiliki akun masing-masing.

Baik aplikasi Mendeley dekstop dan Mendeley website dapat berkolaborasi dengan Microsoft Office (Word) dalam penyusunan sitasi dan daftar pustaka sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi karya ilmiah, karena dalam satu kali klik maka seluruh referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan penulis. Menariknya, jika mengakses versi website maka antar pengguna Mendeley bisa melakukan sharing mengenai referensi karya ilmiah yang sesuai dengan ranah keilmuan.

Setiap pelaksanaannya, kegiatan ini berlangsung selama dua jam dan terbagi menjadi dua sesi yaitu pukul 08.00-10.00 dan 10.00-12.00 untuk hari Rabu, serta pukul 09.00-11.00 WIB di hari Sabtu. Mengingat setiap pengguna wajib memiliki akun Mendeley, maka Pustakawan Unikom akan mengarahkan peserta dalam pembuatan akun hingga pemaparan materi tentang aplikasi Mendeley mulai dari instal aplikasi serta pembuatan sitasi dan daftar pustaka. Peserta juga disediakan laptop sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan secara langsung.

Perpustakaan Unikom menggagas pelatihan ini sebagi upaya memfasilitasi para penulis khususnya dosen dan mahasiswa Unikom dalam mempersiapkan karya tulis ilmiah serta menjadi bentuk keseriusan para Pustawakan Unikom menggalakkan anti plagiarisme. Memasuki tahun ketiga pelaksanaannya, Perpustakaan Unikom senantiasa berupaya memberikan terobosan baru.

Hal ini disampaikan Humas Perpustakaan Unikom, Novi Syania Awalliah, S.Pd, bahwa selain mempelajari Mendeley para peserta juga mendapatkan tambahan materi berupa sumber-sumber informasi elektronik (ejournal dan ebook) yang telah dilanggan Perpustakaan Unikom. “…tahun-tahun sebelumnya kami hanya menginformasikan tentang pencarian ejournal melalui website yang umumnya diakses seperti google scholar dan sebagainya tetapi dalam kesempatan ini kami menambahkan informasi yang lebih luas tentang ejournal dan ebook yang telah dilanggan Perpustakaan Unikom,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan kontribusi Perpustakaan Unikom dalam menggalakan anti plagiarisme dapat memberikan manfaat serta menjadi bekal ilmu bagi dosen maupun mahasiswa Unikom khususnya dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka karya ilmiah. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019