BERITA

Perluas Cakrawala Teknologi Informasi Melalui Seminar Nasional Komputer Dan Informatika 2017

Jumat, 28 Juli 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Program Studi Sistem Komputer Unikom berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Informatika Unikom mengadakan acara “Seminar Nasional Komputer dan Informatika 2017 (Senaski 2017)” yang dilaksanakan pada Kamis (20/7) pukul 09.00 WIB di Auditorium Miracle Unikom. Mengusung tema “Tren Penerapan Sekuriti It (Information Technology) dan Aplikasi IoT (Internet of Things) dalam Berbagai Bidang Teknologi”, acara tersebut menghadirkan sejumlah keynote speaker yang memiliki reputasi baik di bidangnya, yaitu: Assoc. Prof. Dr. Maman Abdurahman, S.T., M.T (Dekan Fakultas Teknik Informatika Universitas Telkom) dan Dr. Yeffry Handoko Putra, M.T (Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi Unikom), yang dipandu oleh Irawan Afrianto, S.T., M.T (Ketua Program Studi Teknik Informatika Unikom) sebagai moderator.

Ketua pelaksana Senaski 2017, Hidayat, S.Kom., M.T, menyampaikan bahwa seminar nasional ini merupakan sarana untuk sharing pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi, salah satunya di bidang IoT. “Saat ini hampir semua hal yang berkaitan dengan teknologi, umumnya menggunakan sistem IoT, dimana segala sesuatunya dihubungkan dengan internet. Sehingga kami harapkan acara ini bisa dimanfaatkan menjadi ajang diskusi mengenai berbagai penelitian terdahulu yang pernah dilakukan oleh dosen maupun para pembicara, guna meningkatkan khasanah keilmuan mahasiswa di bidang teknologi informasi,” tutur Hidayat.

Secara resmi, Senaski 2017 dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom, Prof. Dr. H. Denny Kurniadie, Ir., M.Sc. Melalui sambutannya, beliau mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan setiap kegiatan yang diselenggarakan program studi, karena sarana pembelajaran tidak terbatas hanya di dalam kelas saja. “…ini merupakan kegiatan positif hasil kerjasama antara dua program studi di lingkungan FTIK Unikom, dimana kita bisa mendengarkan ilmu baru yang disampaikan oleh para pembicara baik dari internal ataupun eksternal Unikom. Harapannya, acara ini bisa memotivasi prodi lainnya untuk membuat kegiatan serupa guna memperluas wawasan mahasiswa,” jelas Denny.   

Senaski 2017 yang baru dilaksanakan kali pertama, diikuti ± 350 peserta yang umumnya adalah mahasiswa Unikom dari Prodi Sistem Komputer dan Teknik Informatika Unikom, dan 50 peserta diantaranya adalah pemakalah dan presenter pada sesi Paralel Session dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, antara lain, Universitas Muslim Indonesia Makassar, STMIK Pringsewu Lampung, Universitas Telkom, Universitas Majalengka, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Jenderal Achmad Yani, dan Universitas Komputer Indonesia sebagai tuan rumah.  

Pelaksanaan seminar nasional merupakan salah satu tugas dan kewajiban Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta guna menunjukkan kiprahnya di masyarakat, mengingat keberhasilan sebuah penelitian yang digagas kalangan akademisi yaitu dapat diimpementasikan di kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya Senaski 2017, diharapkan menjadi langkah awal yang baik untuk menjadikan seminar ini sebagai acara rutin tahunan di lingkungan FTIK Unikom, guna menambah wawasan dan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa Indonesia khususnya di bidang teknologi informasi. (Direktorat Hms & Pro)

 

 

 

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Masuki Tahap Workshop
Senin, 19 November 2018
Bantuan bimbingan pendaftaran HKI
Senin, 19 November 2018
Short Diplomatic Practice Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom Bertandang ke Inggris
Sabtu, 17 November 2018