BERITA

Penjajakan Kerjasama Divisi Codelabs Unikom dengan Sekolah Dasar di Kota Bandung melalui Hibah Penelitian CPPBT

Selasa, 14 Mei 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Menindaklanjuti hibah penelitian Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang berhasil diperoleh Divisi Codelabs Unikom pada Agustus 2018 lalu. Kali ini Divisi Codelabs Unikom menggelar “Sosialisasi Hibah Penelitian CPPBT Software Tanah Airku” di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Senin (13/5/2019).

Sosialisasi dihadiri Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Unikom Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T., Ketua Divisi Codelabs Unikom, Dian Dharmayanti S.T., M.Kom., serta para tamu undangan yang diwakili kepala sekolah ataupun guru dari beberapa sekolah dasar di Kota Bandung. Melalui kesempatan tersebut, Adam mensosialisasikan software Tanah Airku, lengkap dengan sistematika pengoperasiannya kepada para tamu undangan karena nantinya software ini akan diberikan gratis kepada sekolah-sekolah dasar yang bersedia bekerjasama.

Tanah Airku karya Divisi Codelabs Unikom merupakan media pembelajaran bersifat interaktif yang dinilai tepat bagi anak-anak karena sistemnya mengkombinasikan Virtual Reality dan Augmented Reality, sehingga belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Software Tanah Airku sendiri memiliki keunggulan yaitu 3D Object, Play A Song, Coloring, Trivia Quiz dan Virtual Reality.

Selain memperkenalkan software Tanah Airku, Adam berharap besar pihak sekolah berkenan memberikan kritik dan saran membangun guna pengembangan software lebih maksimal. “...sebelum kami memberikan software ini ke sekolah-sekolah, kami membutuhkan informasi dunia pembelajaran sekolah dasar yang nantinya akan kami sesuaikan dengan software Tanah Airku. Tahap lebih lanjut kami akan silaturahmi secara langsung mendatangi sekolah dan membentuk kerjasama yang akan dituangkan melalui penandatanganan MoU antara Divisi Codelabs Unikom dengan sekolah-sekolah.” ujar Adam.

 Apresiasi positif ditunjukan para guru saat mempraktikan software Tanah Airku dan media Virtual Reality (VR). Kedua hal ini diharapkan dapat dijadikan media pembelajaran interaktif dan efektif untuk anak-anak. Adam berharap kerjasama Divisi Codelabs Unikom dengan beberapa sekolah ini tidak berhenti sampai masa CPPBT saja, namun sifatnya berkelanjutan. “...selain memfasilitasi software Tanah Airku seperti buku, kartu dan softwarenya yang gratis, kami akan bersedia membantu sekolah jika membutuhkan tim khusus untuk sharing mengenai IPTEK khususnya IT,” tegas Adam. Menutup kegiatan, agenda dilanjutkan dengan sesi diskusi serta dokumentasi bersama para perwakilan sekolah dan Divisi Codelabs Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Info Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2019
Senin, 11 November 2019
Unikom Terlibat Aktif Sebagai Co-Host Parade Riset Akuntansi 4
Senin, 11 November 2019
Selamat Hari Pahlawan - 2019
Senin, 11 November 2019