BERITA

Pelajari Etika Jamuan Formal Sebagai Konsep Pengembangan Diri

Senin, 30 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Lebih dari 250 mahasiswa tingkat akhir Program Studi Teknik Informatika (IF) Unikom mengikuti kegiatan “Table Manner” di Hotel el Royale Bandung pada Kamis (19/7). Kegiatan rutin tahunan yang dikoordinir Program Studi Ilmu Komunikasi (IK) Unikom ini merupakan bagian dari mata kuliah Kepribadian dan Komunikasi yang diajarkan kepada mahasiswa Prodi IF, dimana dosen pengampunya berasal dari Prodi IK Unikom.

Menurut Olih Solihin, S.Sos.,M.I.Kom sebagai Sekretaris Prodi IK juga salah satu dosen pengampu Kepribadian dan Komunikasi, bahwa “Table Manner” dilaksanakan setiap memasuki akhir perkuliahan dengan misi untuk melengkapi pemahaman akan pengembangan diri mahasiswa. “…mata kuliah Kepribadian dan Komunikasi ini mencoba menganalisa dan mengkaji konsep pengembangan diri, mulai dari cara berkomunikasi hingga memahami sisi kepribadian diri sendiri dan orang lain, rasanya hal itu belum lengkap jika kita tidak memperkenalkan mereka pada tata cara pergaulan global salah satunya dalam hal jamuan,” jelasnya.

Bagi Olih, sesuai dengan tujuan Unikom untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten, maka sekalipun mahasiswa Prodi IF Unikom berada di lingkungan eksak tetapi mereka dibangun untuk  menjadi orang sukses dengan jaringan global sehingga otomatis budaya global dalam jamuan menjadi salah satu hal mutlak yang harus mereka miliki dan ketahui. Karenanya, sejumlah materi tentang Table Manner disampaikan oleh pihak Hotel kepada para peserta, meliputi teknik tata meja, etika makan, penyesuaian duduk, hingga etika berbicara saat dalam jamuan. Mereka pun berkesempatan menerima materi tentang public speaking dari pihak Hotel.

Menanggapi kegiatan ini, Ketua Prodi IF Unikom, Irawan Afrianto, S.T.,M.T yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, memberikan kesan positifnya karena melalui Table Manner dapat menambah referensi terhadap mahasiswa di Prodi IF, sehingga mereka tidak hanya fokus pada keilmuannya saja tetapi dilengkapi dengan kemampuan bertata krama di suatu lingkungan seperti seminar  atau undangan formal yang mengharuskan adanya jamuan seperti Table Manner. Dengan demikian mereka dapat menjadi pribadi yang lebih lengkap, karena selain mahir di keilmuannya, mereka juga paham dengan perilaku saat mengadiri acara-acara penting. Tentunya, hal ini akan sangat membantu mereka, apabila kelak menjadi bagian dari masyarakat yang sering terlibat dalam berbagai kegiatan formal dan mengharuskan untuk paham akan tata krama yang berlaku. (Direktorat Hms & Pro)

Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019
Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019