BERITA

Partisipasi Mahasiswa DKV UNIKOM dalam ‘Proyek Edukasi Mural’

Selasa, 07 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Momentum Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober serta Hari Pahlawan pada 10 November mendatang, diperingati sejumlah mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Unikom melalui keikutsertaannya pada kegiatan "Proyek Edukasi Mural" yang digagas Warga Karang Taruna RW 09 Kelurahan Kacapiring, Kota Bandung. Bersama delegasi dari perguruan tinggi lainnya, yakni Universitas Pasundan (Unpas) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), para mahasiswa dan warga setempat melakukan kegiatan mural di dinding sepanjang 150m x 2m yang terletak di Jalan Jakarta Dalam, Kota Bandung.

Seperti diungkapkan oleh Bapak Dadang, selaku Ketua Pelaksana Karang Taruna RW 09,  kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi gerakan MAPEBA 09 (Masyarakat Peduli Bandung RW 09). "Kami sengaja mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi menghidupkan kembali wilayah Jalan Jakarta Dalam, terlebih momennya bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Sehingga kami harapkan, ada pembelajaran yang bisa dipetik oleh generasi muda khususnya di bidang seni dan budaya," ujarnya.

Kegiatan mural yang berlangsung selama dua hari, pada 4-5 November 2017 merupakan agenda kali kedua yang sebelumnya pernah dilaksanakan tahun 2004. Menurut Dadang, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan perkembangan bidang seni dan budaya di Kota Bandung khususnya melalui edukasi pembelajaran mural serta mewujudkan 3K, yaitu: 1) Kebersamaan (berani berpartisipasi dalam berbagai hal dengan mengesampingkan segala perbedaan); 2) Kepedulian (menjaga semangat sumpah pemuda); 3) Kesadaran, (mewujudkan kesadaran dan semangat Bhinneka Tunggal Ika).

Sebagai salah satu peserta dari Unikom, Edo Gavinda Ul Haq, menuturkan bahwa dirinya sangat antusias terhadap kegiatan mural bersama. Bahkan tiga hari sebelum kegiatan berlangsung, Edo bersama rekan mahasiswa lainnya mengadakan rapat untuk menjalin koordinasi guna membantu mempersiapkan kegiatan dengan baik. "Berdasarkan hasil rapat dan technical meeting H-1 acara, kami sepakat mendelegasikan minimal 15 mahasiswa dari setiap kampus dan dari Unikom sendiri, ada 38 mahasiswa DKV yang telah berpartisipasi. Walaupun saat pelaksanaan hari pertama sempat diguyur hujan dua kali, tetapi tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap berkarya. Terlebih panitia pun telah memfasilitasi kami dengan berbagai kebutuhan mural seperti cat, kuas, dan sebagainya," ucap Edo.

Kegiatan yang vakum hampir 13 tahun dari pelaksanaan kali pertamanya, kini telah disepakati menjadi agenda rutin setiap dua tahun yang menurut rencananya akan diresmikan langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada 10 November 2017 mendatang. Melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi ajang yang tepat untuk membagun sinergi antara mahasiswa dan masyarakat, serta memaknainya sebagai salah satu bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019