BERITA

Pameran ‘Majang Kawani’: Tampilkan Banyak Terobosan Baru Karya Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Grafis Unikom

Selasa, 24 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- ‘Majang Kawani’ yang menjadi ajang pameran karya Tugas Akhir dan Skripsi S1 dan D3 para calon wisudawan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis (DG) Unikom kembali digelar di Lobby Lantai 6 Smart Building Unikom. Pameran yang berlangsung sejak 16-20 September 2019 menampilkan 50 karya terbaik dari total 129 karya calon wisudawan, terdiri dari 42 karya tugas akhir dan 8 skripsi.

Menurut Merlina Fatimah, M.Ds selaku Ketua Pelaksana, bahwa proses penyeleksian karya oleh tim juri dosen yang diketuai Taufan Hidayatullah, S.Sn.,M.Ds., bukanlah perkara sederhana karena para calon wisudawan telah membuat karya-karya yang luar biasa sehingga menjadi pekerjaan cukup berat ketika memilih 50 karya best of the best. “…melalui pameran ini kami melihat sejauhmana perkembangan mahasiswa DKV dan DG Unikom dan kami menilai mereka sudah siap menjadi SDM yang bersaing di masyarakat,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Kurator Pameran, Y. Ambarsih Ekawardhani, M.Sn, menurutnya pameran di semester genap seringkali memberikan kesulitan dalam menentukan karya yang akan dipamerkan. “Menariknya saya melihat ada sekitar sepuluh persen karya yang mengangkan tema atau topik berkaitan dengan keimanan, ada yang bicara tentang tokoh-tokoh keagamaan, kitab suci, termasuk pola-pola kebiasaan yang dikaitkan dengan keimanan, topik ini berangkat dari bagaimana dia merefleksikan diri sendiri, merefleksikan dia di masyarakat, itulah refleksi pemikirannya dan itu menarik,” ujarnya.

Majang Kawani yang memasuki pelaksanaan kali kelima memiliki tiga belas kategori yang telah ditentukan oleh tim juri dosen, antara lain: 1) Identitas; 2) Informasi Audio Visual; 3) Informasi Board Game; 4) Informasi Buku Bergambar; 5) Informasi Buku Fotografi; 6) Informasi Komik; 7) Informasi Motion Graphic; 8) Informasi Sign System; 9) Informasi Web & App; 10) Persuasi Komersial; 11) Persuasi Sosial; 12) Skripsi Terbaik; dan 13) TA Terbaik D3.

Berbagai hal menarik juga hadir dari suguhan topik yang mengangkat kebudayaan dari daerah-daerah yang sebelumnya tidak pernah dimunculkan. Bahkan tahun ini menjadi momen jumlah skripsi terbanyak dengan beragam topik menarik. “…mereka menggali hal-hal yang tidak dilihat oleh kebanyakan orang dengan hasil pengerjaannya menggunakan metode sangat baik,” tambah Ambarsih.

Mewakili Dekan Fakultas Desain Unikom, Ketua Program Studi DKV Unikom, Dr. Kankan Kasmana, M.Ds, pun memberikan apresiasinya kepada para wisudawan yang telah unjuk diri keberanian. “..ketika karya berhasil masuk ke dalam pameran apalagi sebelumnya dilakukan proses seleksi, maka akan menjadi satu nilai yang besar, semoga karya yang dipamerkan menjadi inspirasi dan motivasi untuk banyak orang khususnya adik-adik angkatan di lingkungan DKV dan DG Unikom,” jelasnya.

Salah satu pencapaian baru di ajang pameran kali ini, adanya karya buku fotografi dengan jumlah halaman lebih dari 100. “…buku fotografi menjadi karya yang paling khas dan pencapaian luar biasa karena calon wisudawan membuat buku fotografi dalam kurun waktu hanya enam semester saja, ini yang pertama kali karena tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada,” tambah Merlina. Sertifikat yang mereka peroleh dari pameran Majang Kawani, akan menambah portofolio calon wisudawan ketika memasuki dunia kerja. Sehingga diharapkan, calon wisudawan yang tidak lama lagi akan dilantik siap mendarmabaktikan ilmunya di masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)

 

Wakil Rektor III Unikom Lakukan Koordinasi Kerja Dengan Bidang Terkait Melalui Rapat Online
Jumat, 03 April 2020
Corona dan Lockdown dalam Kacamata Ilmu Pemerintahan | Edducollege | Eddutainment UNIKOM
Jumat, 03 April 2020
Informasi Perpanjangan waktu Pembayaran Angsuran IV Semester Genap 2019/2020 dan Jadwal Pembayaran Tahap I
Jumat, 03 April 2020